Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kemendikbudristek Siap Suguhkan Konser Musikal 'Memeluk Mimpi-Mimpi'

Minggu, 21 April 2024 – 22:38 WIB
Kemendikbudristek Siap Suguhkan Konser Musikal 'Memeluk Mimpi-Mimpi' - JPNN.COM
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggandeng SMKN 2 Kasihan, Bantul, atau dikenal Sekolah Menengah Musik (SMM) Yogyakarta menggelar konser musikal. Foto: dok Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggandeng SMKN 2 Kasihan, Bantul, atau dikenal Sekolah Menengah Musik (SMM) Yogyakarta menggelar konser musikal.

Konser musikal bertema Memeluk Mimpi-Mimpi, 25 April 2024, di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki itu merupakan sinergi antara Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek, serta komunitas budaya Titimangsa, dan pegiat seni lainnya. 

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim mengatakan melibatkan 58 orang pemain orkestra, lalu 36 paduan suara, lima orang pemain musik yang tampil di sekitar lobi tempat acara, dan tidak ketinggalan 19 orang guru pendamping dari SMM Yogyakarta.

“Kami mendukung penuh pertunjukan musikal Memeluk Mimpi-Mimpi sebagai hasil kolaborasi antara SMKN 2 Kasihan, Titimangsa, dan Kemendikbudristek," kata Nadiem di Jakarta, Sabtu (20/4).

Nadiem berharap lewat pertunjukan tersebut murid SMKN 2 Kasihan memperoleh pengalaman langsung mengenai proses penggarapan sebuah pertunjukan musikal, mulai dari kerja artistik sampai kerja manajemen yang dilakukan secara profesional.

Menurut Nadiem, ada berbagai persiapan matang telah dilakukan para pelajar SMM Yogyakarta serta para pendukung konser musikal Memeluk Mimpi-Mimpi lainnya, mulai dari latihan parsial untuk vokal, koreografi, dan latihan musik yang diaransemen oleh gitaris kawakan Tohpati yang juga Direktur Musik dalam perhelatan ini.

Kemudian, sejak 17-20 April para siswa SMM Yogyakarya yang bermain dalam konser musikal Memeluk Mimpi-Mimpi juga telah melakukan latihan gabungan bersama para artis pendukung acara.

Direktur Perfilman, Musik, dan Media Kemendikbudristek, Ahmad Mahendra menjelaskan, penyelenggaraan konser musikal ini memang mengedepankan semangat Merdeka belajar, Merdeka berbudaya sebagai perpaduan gerakan untuk memperkuat ekosistem pendidikan dan kebudayaan.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggandeng SMKN 2 Kasihan, Bantul memggelar konser musikal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close