Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kemenhub Bakal Bangun Transportasi Massal di Bandung Raya, Begini Rencananya

Senin, 14 Oktober 2024 – 18:24 WIB
Kemenhub Bakal Bangun Transportasi Massal di Bandung Raya, Begini Rencananya - JPNN.COM
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. Foto: Antara/Azmi Samsul Maarif.

jpnn.com, BANDUNG - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bakal membangun infrastruktur transportasi massal di wilayah Bandung Raya.

Rencana terdekat adalah elektrifikasi dari timur ke barat atau dari Cicalengka sampai ke Padalarang.

Hal itu disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat menghadiri acara seminar nasional MTI (Masyarakat Transportasi Indonesia) di Institut Teknologi Bandung (ITB), Senin (14/10).

Menhub Budi mengatakan, perlu integrasi transportasi massal di wilayah Bandung Raya. Ini dikarenakan kemacetan yang semakin menjadi di Ibu Kota Provinsi Jawa Barat itu.

“Saya sengaja memilih Kota Bandung dan (Bandara) Kertajati) karena paling aktual. Bandung, ya maaf kata harus ditolong. Karena Bandung dalam keadaan cukup padat,” kata Budi.

“Kementerian Perhubungan sudah menyelesaikan elektrifikasi timur barat, Cicalengka sampai ke Padalarang. Insyaallah akan segera berfungsi tahun ini,” lanjutnya.

Selain elektrifikasi commuter line, di Bandung Raya juga akan dibangun Bus Rapid Transit (BRT) dan Autonomous Rail Transit (ART) untuk menghubungkan wilayah utara dengan selatan.

“Lalu, di utara selatan kami usulkan ART. Anggarannya tidak terlalu mahal jadi mungkin bisa sharing antara pusat dan daerah. Minimal utara – selatan, timur – barat,” tuturnya.

Ini rencana Kementerian Perhubungan dalam mengatasi kemacetan di Bandung Raya, yakni pembangunan infrastruktur transportasi massal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA