Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kemenhub Beli 20 Pesawat Latih

Selasa, 27 Maret 2012 – 05:35 WIB
Kemenhub Beli 20 Pesawat Latih - JPNN.COM
JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membeli 20 pesawat latih untuk ditempatkan di sekolah-sekolah penerbangan milik negara. Armada baru  yang dibeli itu terdiri atas 18 pesawat sayap tetap (fixed wing) dan dua unit helikopter (rotary wing). Untuk keperluan itu, pemerintah harus mengeluarkan biaya sebesar Rp 184,6 miliar.

"Harga 18 unit fixed wing sebesar Rp 140,6 miliar, sedangkan harga dua unit helikopter Rp 40 miliar," ujar Sekretaris BPSDM (Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia) Kemenhub Wahyu Satrio Utomo, Senin (26/3).

     

Di antara 18 pesawat sayap tetap jenis Piper Warior yang dibeli, enam di antaranya telah datang ke Indonesia dan siap dioperasikan. Sedangkan sisanya datang bertahap hingga akhir 2013. Sementara itu, dua helikopter jenis Bell 206 akan tiba tahun depan.

Wahyu mengungkapkan, pembelian pesawat-pesawat ini merupakan bagian dari peremajaan armada sekolah penerbang untuk meningkatkan faktor keamanan dan keselamatan. Dengan begitu, resiko terjadinya kecelakaan pada saat latihan bisa diperkecil. "Ini gantinya 12 pesawat latih dari 39 unit pesawat yang akan dipensiunkan di Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug," sebutnya.

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membeli 20 pesawat latih untuk ditempatkan di sekolah-sekolah penerbangan milik negara. Armada baru 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA