Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kemenhub Hadirkan KMP Takabonerate untuk Perekonomian dan Transportasi Sulsel

Kamis, 22 April 2021 – 20:51 WIB
Kemenhub Hadirkan KMP Takabonerate untuk Perekonomian dan Transportasi Sulsel - JPNN.COM
Kemenhub menyatakan, KMP Takabonerate hadir dalam rangka mendukung kegiatan sektor perekonomian dan transportasi di Indonesia khususnya di wilayah Sulawesi Selatan. Foto: Kemenhub

jpnn.com, JAKARTA - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan kembali menghadirkan satu unit kapal penyeberangan/ Ro-Ro 500 GT yang akan melayani masyarakat di Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.

Peresmian kapal Ro-Ro yang diberi nama KMP. Takabonerate ini dilakukan di galangan PT. Industri Kapal Indonesia (Persero), Makassar pada Kamis, (22/4).

Direktur Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan Kemenhub Cucu Mulyana mengatakan, KMP Takabonerate hadir dalam rangka mendukung kegiatan sektor perekonomian dan transportasi di Indonesia khususnya di wilayah Sulawesi Selatan.

"Saya atas nama Pimpinan Kementerian Perhubungan menghaturkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada anggota Komisi V DPR RI atas dukungan dan pengawalannya dalam mewujudkan program khususnya pembangunan kapal untuk Kepulauan Selayar ini,” kata Cucu Mulayana dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis (22/4).

Cucu mengatakan juga, dengan spesifikasi dan kapasitas angkut tersebut, kapal ini dapat memperlancar transportasi dan konektivitas di Sulawesi Selatan serta mampu meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Selamat atas Peresmian Kapal Penyeberangan Penumpang Ro-Ro ini, semoga kapal penyeberangan yang akan dioperasikan di Provinsi Sulawesi Selatan ini dapat dimanfaatkan secara optimal,” ujar Cucu.

Dia menjelaskan, pembangunan kapal ini menggunakan anggaran dari APBN dengan pagu anggaran sebesar Rp 36 Milyar.

Adapun spesifikasi KMP. Takabonerate memiliki Panjang Keseluruhan (LOA) 46,80 meter, Panjang antara garis tegak (LBP) 41,56 meter, Lebar 12 meter, Sarat air 2,60 meter, dan Tinggi 3,70 meter.

Direktur Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan Kemenhub Cucu Mulyana mengatakan, KMP Takabonerate hadir dalam rangka mendukung kegiatan sektor perekonomian dan transportasi di Indonesia khususnya di wilayah Sulawesi Selatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close