Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kemenhub Pastikan Pesawat Batik A330 Aman Jemput WNI di Wuhan

Sabtu, 01 Februari 2020 – 15:07 WIB
Kemenhub Pastikan Pesawat Batik A330 Aman Jemput WNI di Wuhan - JPNN.COM
Dirjen Perhubungan Udara Novie Riyanto. Foto: ANTARA

jpnn.com, TANGERANG - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan pesawat Batik Air Airbus A330-300 yang akan mengevakuasi warga negara Indonesia (WNI) di Wuhan, China, telah memenuhi standar persyaratan. Pesawat itu bisa mengangkut 400 lebih penumpang.

“Saya sudah cek langsung tadi. Pesawat ini memenuhi persyaratan sesuai aturan Kemenhub," kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara Novie Riyanto di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, Sabtu (1/2).

Novei meyakini kondisi teknis pesawat dan kru yang diberangkatkan juga sangat mendukung misi evakuasi. "Mulai dari peralatannya, air crewnya, lisensinya, lalu bagaimana nanti mekanisme komunikasi pendaratan di sana. Semua termasuk handling pesawat,” ucap Novie.

Novie menerangkan, Kemenhub sifatnya hanya menjadi pendukung dalam prosedur penjemputan WNI sampai kembali ke Indonesia. Sejauh ini, kata Novie, pihaknya akan terbang dan langsung menjemput WNI di Wuhan, Provinsi Hubei.

“Tujuan utama ke Wuhan lalu balik ke Indonesia (direct flight). Kami mengikuti prosedur yang juga dilakukan negara-negara lain,” kata dia.

Sementara itu, CEO Lion Group Edward Sirait mengatakan, pihaknya menyertakan sembilan kabin kru dan dua set pilot dalam misi itu. Dia menegaskan, seluruh kru yang berangkat akan menggunakan seragam steril lengkap.

“Ini sesuai arahan dari instansi terkait Kementerian Kesehatan, kru kabin kami akan memakai seragam selama penerbangan agar tetap terjaga dari wabah virus Corona,” ucap Edward. (tan/jpnn)

VIDEO: Arief Poyuono Di-Bully Dua Pihak

Dirjen Perhubungan Udara Novie Riyanto memastikan pesawat Batik Air Airbus A330-300 yang akan mengevakuasi WNI di Wuhan, China telah memenuhi standar persyaratan.

Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close