Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kemenhub Siapkan Sejumlah Langkah Strategis Percepat Realisasi Anggaran 2023

Selasa, 20 Juni 2023 – 06:49 WIB
Kemenhub Siapkan Sejumlah Langkah Strategis Percepat Realisasi Anggaran 2023 - JPNN.COM
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Foto: Dkumentasi Humas Kemenhub

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan telah menyiapkan langkah-langkah strategis untuk melakukan percepatan realisasi anggaran hingga akhir 2023.

Untuk mencapai sesuai dengan target yang telah ditetapkan, yaitu sebesar 97,27 persen, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan tetap fokus pada penyelesaian program prioritas dan memastikan hasilnya dapat berdampak positif dan nyata bagi masyarakat.

Menhub Budi menyebutkan sejumlah langkah strategis yang dilakukan Kemenhub, antara lain meningkatkan kualitas perencanaan dan kedisiplinan rencana kegiatan, akselerasi pelaksanaan program serta pelaksanaan barang dan jasa.

Kemudian meningkatkan kualitas belanja secara efektif dan efisien (value for money), serta meningkatkan monitoring dan evaluasi.

“Proses perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi dan pelaporan akan terus diperkuat,” kata Menhub Budi Karya Sumadi.

Realisasi anggaran Kemenhub hingga 31 Mei 2023 sebesar Rp 10,44 triliun atau 31,26 persen dari total pagu anggaran sebesar Rp 33,41 triliun (setelah automatic adjustment).

“Capaian ini meningkat dibanding dengan realisasi anggaran hingga Mei 2022 sebesar 26,47 persen,” ungkap Menhub saat menghadiri rapat dengar pendapat bersama Komisi V DPR, Selasa (6/6).

Dalam rapat tersebut, pimpinan RDP Komisi V DPR M Iqbal memberikan apresiasi kepada Kemenhub yang berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (LHP BPK) semester 1-2022.

Dia meminta Kemenhub untuk menindaklanjuti seluruh rekomendasi BPK dan mengambil langkah-langkah preventif agar temuan tidak terulang kembali.

Pada Semester I-2022 capaian progress tindak lanjut rekomendasi BPK yang mencapai 82,65 persen.

Kemudian, meningkat di semester II-2022 yang mencapai 85,01 persen.

Menhub Budi Karya Sumadi menyampaikan Kemenhub menyiapkan sejumlah langkah strategis mempercepat realisasi anggaran 2023

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close