Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kemenkes dan Bapeten Teken Kerja Sama Penggunaan Nuklir di Bidang Kesehatan

Jumat, 16 April 2021 – 19:04 WIB
Kemenkes dan Bapeten Teken Kerja Sama Penggunaan Nuklir di Bidang Kesehatan - JPNN.COM
Menkes Budi Gunadi Sadikin dan Ketua Bapeten Jazi Eko Istiyanto menandatangani nota kesepahaman, Jumat (16/4). Foto: Tangkapan layar konferensi pers Kementerian Kesehatan

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) menandatangani Nota Kesepahaman terkait Pembinaan dan Pengawasan Pemanfaatan Tenaga Nuklir.

Penandatanganan itu dilakukan oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin dan Kepala Badan Pengawas Tenaga Nuklir Jazi Eko Istiyanto di gedung Kementerian Kesehatan, Jakarta, Jumat (16/4).

"Penandatanganan bertujuan untuk meningkatkan sinergitas antara Bapeten dan Kemenkes," kata dia.

Jazi juga menyampaikan harapannya dalam meningkatkan kualitas pelayanan melalui kegiatan pembinaan, pengawasan, dan pemanfaatan tenaga nuklir di bidang kesehatan.

"Kerja sama ini akan berkontribusi langsung dalam peningkatan keselamatan, keamanan, ketentraman bekerja, dan masyarakat dapat menerima manfaat sebesar-besarnya dari pemanfaatan tenaga nuklir di bidang kesehatan,” lanjut dia.

Sementara itu, Menkes Budi mengatakan penggunaan nuklir di bidang kesehatan dimanfaatkan untuk diagnostik maupun terapi.

"Bagaimana kami juga bisa mengembangkan standar diagnosis baru atau standar treatment yang baru menggunakan teknologi nuklir,” ucap Budi.

Menurut dia, nuklir digunakan untuk diagnostik karena sifatnya bisa menembus tubuh sehingga akan memberikan informasi guna membantu dokter dalam melakukan diagnosa.

Kemenkes dan Bapeten menandatangani nota kesepahaman (MoU) terkait Pembinaan dan Pengawasan Pemanfaatan Tenaga Nuklir di Bidang Kesehatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close