Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kemenkominfo Ajak Masyarakat Beralih dari Tv Analog ke Digital

Senin, 25 April 2022 – 20:46 WIB
Kemenkominfo Ajak Masyarakat Beralih dari Tv Analog ke Digital - JPNN.COM
Kemenkominfo bersama Komisi I DPR menggelar diskusi publik virtual sosialisasi Analog Switch Off (ASO) dan seremoni penyerahan bantuan set top box (STB). Foto: dok. Kemenkominfo

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) bersama Komisi I DPR menggelar diskusi publik virtual sosialisasi Analog Switch Off (ASO) dan seremoni penyerahan bantuan set top box (STB).

Diskusi ini bertemakan "Sosialisasi Migrasi TV Digital" yang di selenggarakan secara daring dan luring di Hotel Prima Cirebon, Jawa Barat, Jumat (22/4).

Diskusi ini dihadiri Direktur Pengembangan Pitalebar Kominfo Marvels Situmorang, Anggota Komisi I DPR Dave Akbarshah Fikarno Laksono, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Cirebon Teguh Rusiana Merdeka.

ASO sendiri merupakan salah satu kebijakan yang diambil pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informasi untuk menghentikan secara bertahap siaran televisi analog yang ada saat ini dan menggantinya dengan siaran televisi digital (migrasi digital).

Direktur Pengembangan Pitalebar Kominfo Marvels Situmorang menjelaskan ada tiga tahapan intinya untuk pelaksanaan Analog Switch off.

"Yang pertama akan berlangsung di akhir bulan ini, yaitu 30 April itu akan mencakup 56 wilayah siaran yang mencover 166 kab/kota, berikutnya 5 Agustus 31 wilayah siaran yang mencover 110 kab/kota dan yang terakhir 2 November 25 wilayah layanan siaran yang mencover 65 kab/kota," kata Marvels Situmorang.

Anggota Komisi I DPR Dave Laksono menjelaskan beberapa fenomena umum digitalisasi dalam penyiaran.

"Yaitu maraknya pertumbuhan teknologi baru, konsep-konsep baru, aplikasi-aplikasi yang baru yang dulunya tidak pernah kita pikirkan sekarang semua sudah berjalan, kemudian muncul platform penyiaran baru seperti Netflix, video.Com, HBO," ujarnya.

Kemenkominfo bakal menghentikan secara bertahap siaran televisi analog yang ada saat ini dan menggantinya dengan siaran tv digital.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close