Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kemenkominfo Temukan 54 Hoaks dan Disinformasi Terkait Wabah Corona

Senin, 03 Februari 2020 – 13:45 WIB
Kemenkominfo Temukan 54 Hoaks dan Disinformasi Terkait Wabah Corona - JPNN.COM
Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate. Foto: dokumen Menkominfo untuk jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Kemenkominfo melakukan pendataan hoaks dan disinformasi berkaitan dengan wabah virus Corona. Dari pendataan ini hingga 23 Januari 2020, Kemenkominfo mencatat 54 hoaks dan disinformasi tersebar di dunia maya yang berkaitan virus Corona.

“Khusus terkait dengan framing coronavirus melalu cyber drone Kominfo, terdapat 54 percakapan atau isu hoaks dan disinformasi," kata Menkominfo Johnny G Plate ditemui di kantor Kemenkominfo, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (3/1).

Dalam pendataan Kemenkominfo, terdapat hoaks yang sudah disebar pada 6 Mei 2019. Hoaks itu beredar di jejaring media sosial yang menyarankan publik untuk mencuci bersih kurma demi terhindar dari virus Corona.

“Satu dilakukan pada hari Senin tanggal 6 Mei 2019 terkait kurma harus dicuci bersih karena mengandung virus corona adalah hoaks,” kata Plate.

Kemenkominfo menyatakan informasi tersebut hoaks. Mengacu keterangan pakar kesehatan, Kemenkominfo menilai kegiatan mencuci kurma sebelum dikonsumsi tidak akan mampu mensterilkan virus.

Selain itu, coronavirus cenderung ditularkan melalui udara, khususnya dari orang-orang yang sudah terinfeksi virus ini melalui bersin dan batuk.

Selain hoaks pada 6 Mei, kata Plate, Kemenkominfo menemukan disinformasi bahwa China diam-diam melakukan kremasi kepada korban virus Corona.

“Itu disinformasi. Kemudian wudu bisa hancurkan virus Corona. Ini disinformasi. Dua penumpang lion air meninggal karena virus corona, enggak benar itu. Itu disinformasi," terang Plate

Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Kemenkominfo melakukan pendataan hoaks dan disinformasi berkaitan dengan wabah virus Corona.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close