Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kemenkop UKM Beri Apresiasi UMKM Binaan Yayasan PTI

Rabu, 29 November 2023 – 23:08 WIB
Kemenkop UKM Beri Apresiasi UMKM Binaan Yayasan PTI - JPNN.COM
Yayasan Perempuan Tangguh Indonesia (PTI) dalam acara Cerita Nusantara: Unveiling the Story of Indonesia Artistry, yang digelar oleh Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) bersama Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) di JCC, Jakarta pada Selasa (28/11). Foto dok Yayasan PTI

jpnn.com, JAKARTA - Yayasan Perempuan Tangguh Indonesia (PTI) berpartisipasi dalam acara Cerita Nusantara: Unveiling the Story of Indonesia Artistry, yang digelar oleh Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) bersama Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) di JCC, Jakarta pada Selasa (28/11).

Cerita Nusantara 2023 juga menandai kerja sama strategis dengan PTI, yang fokus pada pemberdayaan disabilitas.

Myra Winarko, Ketua Umum Yayasan PTI mengungkapkan, dukungan dari Kemenkop UKM dan Dekranas memberikan peluang besar bagi 31 juta kaum disabilitas di Indonesia.

PTI, sebagai inkubator bisnis bagi disabilitas, telah menjalankan berbagai program pembinaan di seluruh Indonesia. Ini termasuk pelatihan untuk membuat telur asin, make-up artis, melukis, dan memasak, yang telah membantu banyak disabilitas menjadi lebih mandiri dan masuk ke pasar kerja.

“PTI telah berkomitmen menjawab tantangan pembangunan ekosistem digital bagi kaum disabilitas, dari hulu hingga hilir. Ke depannya, PTI juga berencana mengembangkan platform sendiri untuk terus mendukung pembinaan dan pemasaran digital bagi disabilitas,” kata Myra.

Kerja sama ini diisi dengan kegiatan Karya Tanpa Batas di tahun 2023, di antaranya pelatihan digitalisasi bagi para disabilitas, membuat lomba karya lukis yang diikuti lebih dari 100 orang penyandang disabilitas, melakukan pameran dan bazaar yang diikuti 40 jenis usaha penyandang disabilitas dan pemberian award bagi insan disabilitas yang inspiratif.

“Pada tahun ini, kerja sama Kemenkop dan PTI difokuskan dalam membangun beberapa badan usaha disabilitas untuk menjadi inkubator bisnis INWIDITA. Kerja sama ini terdiri dari 6 jenis usaha disabilitas yang akan mendapatkan pelatihan capacity building dan business matching untuk mencari investor yang cocok dengan badan usaha tersebut,” ujar Myra.

“Mereka tidak lagi harus memikirkan cara mengembangkan produknya, bahan baku dari mana karena bisa langsung dipasok, hingga didukung marketingnya,” imbuh Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki.

Banyak kerja sama antara PTI dan Kemenkop selama ini dalam kegiatan selebrasi hari disabilitas internasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close