Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kemenparekraf Bakal Prioritaskan Desa Kreatif Kranggan Bekasi Terima DAK 2024

Sabtu, 08 Juli 2023 – 20:50 WIB
Kemenparekraf Bakal Prioritaskan Desa Kreatif Kranggan Bekasi Terima DAK 2024 - JPNN.COM
Menparekraf Sandiaga Uno kepada awak media di Balai Patriot, Kota Bekasi, Sabtu (8/7). Foto: Dean Pahrevi/JPNN.com

jpnn.com, BEKASI - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) siap membantu Desa Kreatif Kranggan di Kota Bekasi mendapat Dana Alokasi Khusus (DAK) 2024.

Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan pihaknya siap membantu percepatan pencairan DAK untuk Desa Kreatif Kranggan itu apabila nantinya sudah diajukan oleh Pemerintah Kota Bekasi.

"Kami kebetulan punya mekanisme dana alokasi khusus dan seandainya DAK itu diajukan, kami bisa prioritaskan di tahun anggaran 2024. Setelah DED (Detail Engineering Design), itu nanti diajukan oleh pemerintah kota dan akan kami bantu untuk percepatannya di Kementerian Keuangan," kata Sandiaga seusai menghadiri Dialog Interaktif Desa Kreatif Menunjang Potensi Wisata Bisnis di Bekasi, Sabtu (8/7).

Selain itu, lanjut Sandiaga, Kemenparekraf nantinya juga bakal memberikan pelatihan dan pendampingan kepada para pelaku ekonomi kreatif guna mengembangkan potensi di Desa Kreatif Kranggan tersebut.

"Kami akan lakukan pelatihan dan pendampingan bagi para pelaku ekonomi kreatif di Desa Kranggan sehingga mereka bisa dibawa produk-produknya bukan hanya secara lokal, tetapi regional, nasional, dan mungkin internasional," ujar Sandiaga.

Lurah Jatirangga Ahmad Apandi menjelaskan bahwa Kelurahan Jatirangga merupakan binaan Asosiasi Desa Kreatif Indonesia (ADKI) dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Ada banyak potensi di Kampung Kranggan selaku satu-satunya desa kreatif di Bekasi yang bisa dikembangkan untuk meningkatkan ekonomi kreatif.

"Kami punya seni pertunjukan dari ekonomi kreatif ada optimalisasi budaya dan ke depan Kelurahan Jatirangga ini akan didorong menjadi desa kreatif dan desa wisata berbasis budaya," ujar Apandi. (cr1/jpnn)



Jangan Lewatkan Video Terbaru:

Kemenparekraf siap membantu Desa Kreatif Kranggan di Kota Bekasi mendapat Dana Alokasi Khusus (DAK) 2024, simak selengkapnya.

Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : Dean Pahrevi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close