Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kemenparekraf Dorong Pelaku Usaha Terapkan Sustainable MICE Event

Rabu, 20 Maret 2024 – 17:32 WIB
Kemenparekraf Dorong Pelaku Usaha Terapkan Sustainable MICE Event - JPNN.COM
Kantor Kemenparekraf. Ilustrasi. Dok. Website Kemenparekraf

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mendorong pelaku usaha untuk menerapkan konsep sustainable Meeting, Incentive, Convention, Exhibition (MICE) event.

Hal itu sebagai langkah nyata meminimalisir emisi karbon yang dihasilkan dalam kegiatan turisme.

Staf Ahli Bidang Pengembangan Usaha Kemenparekraf Masruroh mengatakan komitmen menekan impak negatif dari aktivitas perjalanan dan kegiatan MICE telah digaungkan Indonesia bersama dengan negara-negara di kawasan Asia Tenggara sejak beberapa tahun lalu.

“Indonesia berkomitmen menerapkan green meeting. Kami akan terus meningkatkan kesadaran para pelaku dalam penerapannya,” ungkap Masruroh dalam siaran persnya, Selasa (20/2).

Dalam menerapkan konsep penyelenggaraan kegiatan MICE yang ramah lingkungan, setidaknya ada lima elemen yang dapat dijadikan rujukan para event planner ketika menggelar acara.

Pertama, terkait dengan pemilihan venue dan hotel.

Para event planner diharapkan dapat memprioritaskan venue dan hotel yang memiliki paket green meeting dan mengantongi sertifikat di bidang lingkungan seperti green building, ASEAN Green Hotel Standard, atau environmental management system (EMS).

Selain itu, jarak antara lokasi acara dengan hotel tempat menginap para delegasi sebaiknya dapat ditempuh dengan berjalan kaki sehingga dapat mengurangi produksi karbon.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mendorong pelaku usaha untuk menerapkan konsep sustainable Mice Event.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close