Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kemenpora Dukung Pemecahan Rekor Dunia Senam Poco-Poco

Senin, 12 Maret 2018 – 18:50 WIB
Kemenpora Dukung Pemecahan Rekor Dunia Senam Poco-Poco - JPNN.COM
Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora R Isnanta bersama panitia persiapan pemecahan rekor dunia tarian Poco-Poco. Foto: Humas Kemenpora

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pemuda dan Olahraga RI (Kemenpora) mendukung target pemecahan Rekor dunia dalam pelaksanaan senam poco-poco massal. Untuk mewujudkan rencana tersebut, Kemenpora bekerja sama dengan Federasi Olahraga Kreasi Budaya Indonesia (FOKBI).

Proses pemecahan rekor ini rencananya akan dihelat pada 5 Agustus mendatang dan dilakukan secara serentak di Jakarta, Palembang, Manado serta beberapa kota lain di Indonesia.

Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta menegaskan pencetakan rekor dunia Senam Poco-Poco bertujuan untuk mengenalkan aset olahraga tradisional dan senam kreasi asli Indonesia kepada dunia.

“Ini sekaligus memanfaatkan momentum Asian Games 2018, karena saat ini mata Asia sedang tertuju ke Indonesia. Asian Games akan kami maksimalkan untuk mengenalkan senam asli budaya Indonesia," kata Isnanta dalam jumpa pers di Kemenpora, Senin (12/3).

FOKBI menurut Isnanta memiliki kompetensi dan pengalaman dalam olahraga senam khususnya Poco-poco. Karena itu, proses pencatatan rekor dunia ini akan didukung juga oleh Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenpora.

"FOKBI telah mengkaji dan meneliti bahwa poco-poco layak dikembangkan dari berbagai aspek kesehatan dan sosial. Pemerintah sangat mendukung melalui MoU agar menggelar even besar ini. Pemerintah tetap meminta FOKBI agar menggali sumber dana lain dari sponsorship untuk mengakomodasi lebih dari 60 ribu peserta," tegasnya.

Ketua FOKBI Sapta Nirwandar mengatakan pencetakan GWR Poco-poco adalah dalam rangka menggemakan Asian Games di Indonesia. Poco-poco ini menurutnya adalah warisan budaya bangsa yang dicintai oleh masyarakat Indonesia.

"Poco-poco juga telah dikenalkan di berbagai belahan dunia misalnya di London, Amerika dan lainnya, bersama DWP Kemenpora Senam Poco-Poco telah memecahkan rekor MURI, tetapi kami yakin GWR ini akan kita capai dengan dukungan semua pihak, pemerintah, swasta, komunitas dan media massa," ujarnya.(dkk/jpnn)

Raden Isnanta menegaskan pencetakan rekor dunia Senam Poco-Poco bertujuan untuk mengenalkan aset olahraga tradisional dan senam kreasi asli Indonesia.

Redaktur & Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close