Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kemenpora Gelar Pelatihan Kepemimpinan Pemuda Dalam Rumah Tangga di Malang

Jumat, 04 Agustus 2023 – 17:58 WIB
Kemenpora Gelar Pelatihan Kepemimpinan Pemuda Dalam Rumah Tangga di Malang - JPNN.COM
Kemenpora menggelar Pelatihan Kepemimpinan Pemuda dalam Rumah Tangga (PKPRT) di Hotel Aliante, Malang, Jawa Timur, Kamis-Jumat (3-4/7/2023). Fptp: Dok Kemenpora

jpnn.com, MALANG - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menggelar Pelatihan Kepemimpinan Pemuda dalam Rumah Tangga (PKPRT) di Hotel Aliante, Malang, Jawa Timur, Kamis-Jumat (3-4/7/2023).

Acara bertajuk "Membentuk Generasi Emas Indonesia Tahun 2045" sebagai berkah bonus demografi pemuda Indonesia itu resmi dibuka Asdep kepemimpinan pemuda mewakili Deputi Bidang Pengembangan Pemuda, Kemenpora, Subroto.

Subroto menyebut acara ini digelar sebagai upaya peningkatan kualitas keluarga dan untuk mendukung kenaikan nilai indeks pembangunan pemuda (IPP) pada domain gender dan diskriminasi.

Dia mengatakan Kota Malang adalah kota yang pertumbuhan ekonomi kreatifnya cukup tinggi, tetapi pertumbuhan ini juga dibarengi dengan masalah sosial destruktif pemuda seperti kasus tawuran, kasus perceraian, kasus hubungan seks pranikah, perilaku seks menyimpang.

Hal ini terjadi karena orang tua sebagai pilar rumah tangga telah salah mengartikan pemberian materi ke anak sebagai cermin kasih sayang.

Kemakmuran masyarakat ternyata tidak menjamin kualitas keluarga makin membaik, kemajuan teknologi dan informasi dengan adanya gadget terkini sebagai alat komunikasi dibarengi dengan munculnya medsos justru terjadi banyak perilaku menyimpang khususnya bagi kalangan remaja dan pemuda.

Solusinya adalah perlunya role model dalam keluarga maupun masyarakat sebagai pendekatan dalam menciptakan keluarga dan masyarakat atau kampung yang baik yang akhirnya dapat tercipta negara yang baik pula.

Oleh karena itu konsen Kemenpora untuk fokus pada youth development/pengembangan pemuda dengan diberi dorongan aktualisasi dan stimulasi melalui program PKPRT dengan lima modul pelatihan: a) Perencanaan/Pengelolaan Keuangan Keluarga, b) Hukum Perkawinan, c) Psikologi Keluarga, d) Pola Pengasuhan Anak, dan e) Kesehatan Reproduksi.

Kemenpora menggelar Pelatihan Kepemimpinan Pemuda dalam Rumah Tangga (PKPRT) di Hotel Aliante, Malang, Jawa Timur, Kamis-Jumat (3-4/7/2023).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close