Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kemenpora Gelar POTRADNAS IX Tahun 2023, Ini 5 Olahraga Tradisional yang Dimainkan

Minggu, 11 Juni 2023 – 18:13 WIB
Kemenpora Gelar POTRADNAS IX Tahun 2023, Ini 5 Olahraga Tradisional yang Dimainkan - JPNN.COM
Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) siap menggelar Pekan Olahraga Tradisional Tingkat Nasional (POTRADNAS) IX Tahun 2023. Foto: Kemenpora

jpnn.com - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) siap menggelar Pekan Olahraga Tradisional Tingkat Nasional (POTRADNAS) IX Tahun 2023 di Open Space Gallery Linggarjati, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, pada 12 hingga 15 Juni mendatang,

Ajang ini akan diikuti oleh para kawula muda berusia 15-22 tahun yang terdiri dari 20 orang dari tiap provinsi di Indonesia.

Terdapat lima jenis olahraga tradisional yang dipertandingakan pada POTRADNAS IX Tahun 2023 ini, yakni Hadang, Egrang, Sumpitan, Terompah Panjang, dan Gasing.

Hadang merupakan permainan tradisional yang dimainkan secara beregu dengan jumlah anggota sebanyak 8 orang dan terdiri dari 5 orang pemain inti serta 3 cadangan. Masyarakat pada umumnya lebih mengenal permainan ini dengan sebutan gobak sodor.

Permainan hadang biasanya dilakukan dalam waktu 2 x 15 menit, di mana pemenang dalam permainan ditentukan dari besarnya nilai yang diperoleh salah satu regu setelah permainan berakhir.

Penetapan nilai diambil dari setiap pemain yang berhasil melewati garis depan sampai dengan garis belakang diberi nilai satu, dan pemain yang berhasil melewati garis belakang sampai garis depan diberi nilai satu.

Selanjutnya terdapat Egrang, yang merupakan salah satu permainan tradisional yang lahir dari kebudayaan asli masyarakat Indonesia.

Dibutuhkan alat yang terbuat dari bambu dan diberi pijakan untuk memainkan permainan ini guna menyangga tubuh si pemain.

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) siap menggelar Pekan Olahraga Tradisional Tingkat Nasional (POTRADNAS) IX Tahun 2023

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close