Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kementan Guyur Bawang Putih dan Cabai ke 5 Pasar di Surakarta

Kamis, 13 Februari 2020 – 19:27 WIB
Kementan Guyur Bawang Putih dan Cabai ke 5 Pasar di Surakarta - JPNN.COM
Mentan Syahrul Yasin Limpo di Pasar Gede Surakarta. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, SURAKARTA - Kenaikan harga komoditas bawang putih dan cabai akhir-akhir ini membuat Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar pasar murah di beberapa wilayah. Kamis (13/2). Pasar murah dilaksanakan di lima pasar di wilayah Surakarta, yaitu Pasar Gede, Pasar Nusukan, Pasar Rejosari, Pasar Harjodaksino dan Pasar Gading. Selain itu juga didistribusikan ke Toko Tani Indonesia Center D.I. Yogyakarta.

"Komoditas pangan biasa naik turun, yang tidak biasa itu jika naiknya berlebihan atau turunnya berlebihan," ujar Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat melepas 10 kendaraan pengangkut bawang putih dan cabai dalam rangkaian gelar pasar murah tersebut.

"Kami punya hitungan, kalau naiknya pada sekian persen itu masih tingkat normal. Jika kenaikannya melonjak, kami dekatkan pasar dengan mengangkut komoditas pangan dari wilayah panen," jelas Menteri yang akrab disapa SYL ini.

Sedikitnya 12 ton bawang putih berasal dari importir yang tergabung dalam Perkumpulan Pelaku Usaha Bawang dan Sayuran Umbi Indonesia (Pusbarindo) dan 10 ton cabai, masing masing 5 ton untuk rawit merah dan 5 ton cabai merah keriting yang digelontorkan dari Kabupaten Wajo, Provinsi Sulawesi Selatan.

Lebih lanjut SYL minta masyarakat tidak perlu panik dengan kenaikan harga bawang putih. Stok masih mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Ia melansir stok bawang putih sekitar 88 ribu – 120 ribu ton. Mentan SYL juga menyebut akan ada tambahan stok hingga 50 ribu ton dari panen yang akan berlangsung di akhir februari hingga maret 2020.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan, Agung Hendriadi mengungkapkan, gelar pasar murah telah dilaksanakan sejak 30 Januari lalu di berbagai daerah di Indonesia guna mengatasi kenaikan harga komoditas pangan. Selain itu, pihaknya juga telah mengidentifikasi wilayah-wilayah yang mengalami kenaikan harga yang cukup tinggi khususnya untuk komoditas bawang putih dan cabai.

"Gelar pasar murah ini kita upayakan terus menerus hingga harga bawang putih dan cabai bisa turun," kata Agung.

Dalam gelar pasar murah kali ini, harga cabai rawit merah dibanderol seharga Rp 35.000,-/kg, cabai merah keriting Rp 30.000,-/kg dan bawang putih Rp 30.000/kg. Harga ini di bawah harga pasar yang masih cukup tinggi. Berdasarkan pantauan di laman Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) per 12 Februari 2020, rerata harga eceran cabai merah keriting sebesar Rp 55.000/kg, cabai rawit merah Rp.57.000/kg, dan bawang putih sebesar Rp.57.000/kg.

Kementan menggelar pasar murah untuk mengatasi kenaikan harga komoditas bawang putih dan cabai,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close