Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kementan Komitmen Suskseskan UPPO-Biogas, Konservasi Air, hingga Modernisasi Pertanian

Sabtu, 11 Mei 2024 – 19:26 WIB
Kementan Komitmen Suskseskan UPPO-Biogas, Konservasi Air, hingga Modernisasi Pertanian - JPNN.COM
Kementerian Pertanian (Kementan) melalui UPLAND Project melakukan pelatihan peningkatan kapasitas pelaksana. Foto: Upland

jpnn.com, YOGYAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) melalui UPLAND Project melakukan pelatihan peningkatan kapasitas pelaksana. Pelatihan dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mengenai UPPO-Biogas, konservasi air, hingga modernisasi pertanian.

Pelatihan yang digelar di Yogyakarta dibuka langsung oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) UPLAND Project Risda Sinaga. Dia mengatakan UPPO-Biogas mulai dilaksanakan pada 2023 dan telah berhasil di beberapa lokasi.

"Hasil monitoring, beberapa lokasi sudah dilaksanakan sesuai pedoman dan sebagian sudah dimanfaatkan petani. Namun sebagaian lokasi pelaksanaan masih belum sesuai pedoman," katanya dalam keterangan tertulis, Sabtu (11/5).

Dia mengatakan pelatihan pelaksaan UPPO Biogas pada 2024 ini digelar untuk meningkatkan pengetahuan fasilitator desa dan penyuluh pertanian lapangan agar di akhir masa Program UPLAND ini dapat berjalan optimal sesuai dengan petunjuk pelaksanaan.

"Melalui pelatihan ini diharapkan pelaksaan UPPO Biogas tahun ini dapat sesuai dengan pedoman," jelasnya.

Selain peningkatan pengetahuan dan pemahaman mengenai UPPO Biogas, para peserta diberikan terobosan inovasi pengelolaan air dan modernisasi pertanian.

Salah satu yang terobosan inovasi pengelolaan air untuk irigasi dengan konservasi air. Selain pentingnya kebutuhan air pada lahan pertanian, konservasi diperlukan sebagai salah satu upaya dalam mengatisipasi dampak perubahan iklim yang bisa mengakibatkan terjadinya El Nino atau La Nina.

Kementan yakin dengan inovasi konservasi air, dapat menampung air hujan atau run-off sebagai salah satu upaya dalam menangani daya rusak air.

Pelaksaan UPPO Biogas pada 2024 ini digelar untuk meningkatkan pengetahuan fasilitator desa dan penyuluh pertanian lapangan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA