Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kementan Perkuat Kemudahan Investasi di Sektor Pertanian

Jumat, 29 September 2023 – 15:03 WIB
Kementan Perkuat Kemudahan Investasi di Sektor Pertanian - JPNN.COM
Kementan melalui Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PPVTPP) membuka masuknya investasi yang lebih besar. Foto: Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PPVTPP) membuka masuknya investasi yang lebih besar.

Salah satunya melalui kegiatan Agriculture Investmen Forum dan Exibition (AIFE) yang akan digelar di Mojokerto, Jawa Timur.

Sekretaris Jenderal Kementan Kasdi Subagyono mengatakan bahwa peluang investasi pertanian sangatlah besar karena Indonesia merupakan negara agraris yang memiliki sumber daya alam melimpah.

Dia mengatakan kemudahan perizinan terus dilakukan melalui penyederhanaan regulasi seperti UUCK serta perbaikan sistem dan peningkatan sarana prasarana SDM untuk memastikan bahwa seluruh layanan perizinan cepat, mudah dan tepat.

Berdasarkan data BKPM, realisasi investasi pertanian pada 2014-2022 tumbuh sekitar 28 persen dari yang tadinya Rp 13 triliun menjadi Rp 43.5 triliun.

Meski demikian, terjadi penurunan pada 2020-2022 akibat pandemi covid-19, Namun pada tahun 2022 nilainya kembali meningkat menjadi Rp 38,8 triliun atau tumbuh sebesar 32 persen.

"Karena itu, harus ada upaya konkret dalam meningkatkan investasi pertanian ke depan. Untuk itu, kita harus menyusun konsep dan menyiapkan strategi merangkul investor. Investor yang akan menanamkan modalnya di bidang pertanian pasti akan melihat sejauh mana regulasi untuk berinvestasi," ujar Kasdi, Jumat (29/9).

Sementara itu, kata Kasdi, pertumbuhan investasi PMA tahun 2015-2022 rerata mencapai 3,59 persen atau bila diproyeksikan target PMA mencapai 1,86 miliar dollar AS.

Kementan melalui Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PPVTPP) membuka masuknya investasi yang lebih besar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close