Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kementan Targetkan Cetak Sawah 60 Ribu Ha

Sabtu, 05 Februari 2011 – 08:44 WIB
Kementan Targetkan Cetak Sawah 60 Ribu Ha - JPNN.COM
JAKARTA-Pemerintah menargetkan tahun ini bisa mencetak sawah baru seluas 60 ribu hektare (ha) dengan pola kemitraan inti plasma. Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian Gatot S. Irianto mengatakan, pemerintah sudah menyiapkan dana untuk pencetakan sawah seluas 60 ribu ha pada 2011. 

’’Kami berharap pemerintah daerah mau menyiapkan lahan dan orangnya,’’ katanya belum lama ini saat melakukan tanam perdana di areal sawah bukaan baru di Toili Barat, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.

Dana yang disiapkan pemerintah untuk mencetak sawah tersebut sebesar Rp 7 juta per ha. Selama ini, kemampuan pemerintah hanya mampu mencetak 30 ribu ha sawah baru per tahun. Padahal laju alih fungsi sawah untuk keperluan lain mencapai 100 ribu ha.

Pada 2011, Kementan mengharapkan areal sawah yang dicetak bisa dalam skala luas dalam satu titik wilayah. ”Misalnya minimal bisa dicetak 1.000 ha atau 3 ribu ha sawah dalam satu kawasan,” tambah Gatot. Sehingga bisa diterapkan pertanian padi modern dengan mekanisasi pertanian. Hasil pertanian padi dalam skala luas ini antara lain benih padi, beras, bekatul, pupuk organik dan ternak, tidak lagi hanya beras. 

JAKARTA-Pemerintah menargetkan tahun ini bisa mencetak sawah baru seluas 60 ribu hektare (ha) dengan pola kemitraan inti plasma. Dirjen Prasarana

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close