Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kementan Ungkap 10 Provinsi Produsen Jagung Terbesar Indonesia

Selasa, 05 Januari 2021 – 15:57 WIB
Kementan Ungkap 10 Provinsi Produsen Jagung Terbesar Indonesia - JPNN.COM
Mentan Syahrul Yasin Limpo saat meninjau lahan yang ditanam jagung. Foto dok Kementan.

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan ketersediaan komoditas pangan mencukupi kebutuhan nasional.

Salah satunya jagung untuk pakan ternak yang terus digenjot produksinya sehingga pasokannya aman bahkan surplus untuk ekspor.

Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementan Suwandi mengatakan, beberapa sentra produksi jagung saat ini sudah bisa mencapai target produktivitas 8 hingga 9 ton per hektare.

Peningkatan produktivitas dapat menjamin tercukupinya kebutuhan jagung.

"Kami di bawah komando Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memiliki Program Pengembangan Kawasan Tanaman Pangan Korporasi (ProPaktani) untuk peningkatan produksi dan ekspor agar sektor pertanian makin kuat sebagai penopang perekonomian nasional," kata Suwandi di Jakarta, Selasa (5/1).

Dari laporan prognosa penghitungan Pusat Data dan Sistem Informasi (Pusdatin) Kementan, luas tanam jagung nasional Oktober 2019 -September 2020 mencapai 5,5 juta hektar (ha).

Luas panen jagung nasional Januari- Desember 2020 mencapai 5,16 juta ha.

"Jadi, prognosa produksi jagung nasional dengan kadar air 15 persen pada Januari hingga Desember 2020 cukup memuaskan mencapai 24,95 juta ton pipil kering," terang Suwandi.

Kementan memastikan produksi jagung nasional saat ini sangat mencukupi dan surplus hingga bisa ekspor. Bahkan, Indonesia memiliki sepuluh provinsi yang jadi produsen jagung terbesar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close