Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kementan: Vaksin PMK Kembali Tiba di Indonesia Malam Ini

Kamis, 16 Juni 2022 – 21:24 WIB
Kementan: Vaksin PMK Kembali Tiba di Indonesia Malam Ini - JPNN.COM
Petugas dari Kementan melaksanakan tes PCR bagi hewan untuk mencegah penularan penyakit mulut dan kuku (PMK). Foto: Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian (Kementan) Kuntoro Boga Andri mengatakan vaksin darurat untuk penyakit mulut dan kuku (PMK) akan tiba lagi hari ini.

Berdasarkan rapat kerja dengan Komisi IV DPR, pemerintah berencana untuk mendatangkan tiga juta dosis vaksin PMK.

Vaksinasi tersebut terbagi menjadi dua tahap yang terdiri dari 800 ribu dosis pada tahap pertama dan 2,2 juta dosis pada tahap berikutnya.

Kuntoro mengatakan 10 ribu dosis vaksin darurat PMK sudah tiba di Indonesia pada Minggu (12/6).

"Pengiriman vaksin berikutnya pada tahap pertama dari total 800 ribu dosis vaksin akan tiba kembali di Indonesia pada malam hari ini melalui Bandara Soekarno-Hatta pukul 10 malam WIB," kata Kuntoro, Kamis (16/6).

Dia menjelaskan ketersediaan vaksin PMK untuk hewan ternak saat ini masih terbatas, sehingga vaksinasi akan dilakukan berdasarkan prioritas.

Kuntoro mengatakan penyuntikan vaksin akan diprioritaskan untuk hewan sehat yang berada di zona merah dan kuning, wilayah sumber perbibitan, dan sentra peternakan sapi perah.

Pada kesempatan itu, Kuntoro juga memberikan imbauan kepada para peternak untuk mengurangi potensi penularan wabah PMK antarhewan ternak.

Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan Kuntoro Boga Andri mengatakan vaksin darurat untuk PMK akan tiba lagi hari ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close