Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kementerian Kehutanan India Belajar Pengendalian Karhutla di Indonesia

Selasa, 28 Januari 2020 – 21:56 WIB
Kementerian Kehutanan India Belajar Pengendalian Karhutla di Indonesia - JPNN.COM
Rombongan Kementerian Kehutanan India di Manggala Wanabakti. Foto: Humas KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Officer of Indian Forest Service (IFS) atau Kementerian Kehutanan India, melakukan kunjungan ke Posko Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, pada Selasa (28/1).

Kunjungan pejabat Kementerian Kehutanan India itu bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan dan bertukar pengalaman dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan.

Plt Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Raffles B. Panjaitan, menyambut baik atas kunjungan para Pejabat Kementerian Kehutanan India ke Posko Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan KLHK.

“Kami berharap kunjungan ini dapat memberikan manfaat kepada kedua belah pihak secara nyata untuk menjaga kelestarian hutan dan lingkungan di masing-masing negara,” ujar Raffles.

Raffles menambahkan, kunjungan juga bernilai strategis, dan semoga bisa menjadi pembelajaran kedua pihak, serta menjadi sinergi ke depannya dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan.

Di Posko Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, rombongan dari India diberikan informasi terkait upaya KLHK dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan yang sudah dilaksanakan, antara lain meliputi metode pemantauan titik panas (hotspot) melalui website sipongi.menlhk.go.id, Fire Danger Rating System (FDRS), patroli terpadu pencegahan karhutla, serta kampanye dan sosialisasi pencegahan karhutla.

Selain itu, disampaikan juga upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan yang dilaksanakan oleh KLHK dan Satgas Karhutla seperti pemadaman darat oleh Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, atau yang dikenal sebagai Manggala Agni, serta pemadaman udara yang dilaksanakan dengan water boombing dan Teknologi Modifikasi Cuaca.

Kepala Seksi Monitoring Hotspot dan Deteksi Dini Eva Famurianty, menyampaikan bahwa Indonesia juga dihadapkan pada tantangan kebakaran hutan dan lahan di wilayah yang didominasi lahan gambut.

Kementerian Kehutanan India, melakukan kunjungan ke Posko Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, pada Selasa (28/1).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close