Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kemitraan Konservasi Dorong Kesejahteraan Masyarakat di Taman Nasional Gunung Merbabu

Minggu, 01 Maret 2020 – 21:36 WIB
Kemitraan Konservasi Dorong Kesejahteraan Masyarakat di Taman Nasional Gunung Merbabu - JPNN.COM
Taman Nasional Gunung Merbabu. Foto: KLHK

jpnn.com, MAGELANG - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyadari keberadaan taman nasional tidak hanya diperuntukan untuk menjaga kelestarian keanekaragaman hayati, namun juga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah penyangga.

Direktur Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan KLHK Bambang Supriyanto mengatakan, program kemitraan konservasi yang digulirkan diharapkan mampu mendorong masyarakat menjadi sejahtera.

Hal ini disampaikan pada pertemuan dengan mitra Balai Taman Nasional Gunung Merbabu di sela-sela kunjungan kerja reses Komisi IV DPR RI ke Provinsi Jawa Tengah pada Sabtu (29/2) kemarin.

Menurut Bambang, masyarakat dapat memanfaatkan potensi wisata yang ada di Taman Nasional (TN) Gunung Merbabu. Pemanfaatan ekowisata taman nasional akan menggerakkan perekonomian masyarakat dan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat, misalnya porter atau pemandu.

“Dengan hubungan yang bagus antara para pihak, kelestarian keanekaragaman hayati dan kesejahteraan masyarakat dapat tercapai,” ujar Bambang.

Terkait dengan pemanfaatan jasa lingkungan air, Bambang menyampaikan agar hal tersebut dilakukan secara kolaboratif, sehingga diharapkan tidak menimbulkan konflik, dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan mencegah pencemaran.

Sementara itu, Direktur Kawasan Konservasi KLHK Dyah Murtiningsih yang turut hadir dalam pertemuan itu menambahkan, filosofi dari fungsi taman nasional adalah omah, tadah, dan berkah.

Taman nasional merupakan omah atau rumah bagi masyarakat yang ada di sekitar taman nasional dan berbagai tumbuhan dan satwa liar yang hidup di dalamnya. Selain itu, taman nasional adalah tadah atau penyerap air. Ketika taman nasional dijaga dengan baik, maka keberkahan akan didapatkan.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyadari keberadaan taman nasional tidak hanya diperuntukan untuk menjaga kelestarian keanekaragaman hayati, namun juga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah penyangga.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close