Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kemnaker Apresiasi Pemerintah Austria Biayai Pengembangan BLK Maritim

Jumat, 08 Oktober 2021 – 11:26 WIB
Kemnaker Apresiasi Pemerintah Austria Biayai Pengembangan BLK Maritim - JPNN.COM
Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Kemnaker Budi Hartawan. Foto: Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Kemnaker Budi Hartawan mengapresiasi sebesar-besarnya kepada Pemerintah Austria atas komitmennya membiayai pengembangan BLK Maritim melalui skema soft loan di 3 Balai Latihan Kerja (BLK), yaitu BBPLK Medan, BBPLK Serang, dan BLK Makassar.

"Atas koordinasi dan kerjasama yang baik dari Kemnaker, Bappenas, Kemenkeu, dan Kedutaan Austria, Alhamdulillah implementasi dari kegiatan di BLK Makassar akan benar-benar mulai berjalan," kata Budi Hartawan saat melakukan Kick Off Meeting Pengembangan BLK Maritim di BLK Makassar, Kamis (7/10).

Budi Hartawan mengatakan kick off meeting pengembangan BLK Maritim di BLK Makassar ini dilakukan dengan 4 komponen utama, yaitu pembangunan gedung workshop, pengadaan peralatan pelatihan, pelatihan instruktur dan manajemen, serta pengembangan program pelatihan.

Kegiatan Development Maritime Vocational Training Center (VTC) di BLK Makassar ini merupakan wujud dari implementasi kebijakan 9 Lompatan Besar Kemnaker.

Salah satunya transformasi BLK sebagai pusat pengembangan kompetensi dan produktivitas tenaga kerja yang memiliki daya saing di tingkat nasional maupun internasional.

Salah satu komponen dari transformasi BLK adalah revitalisasi sarana dan prasarana serta revolusi SDM BLK yang sangat relevan dengan kegiatan sesuai dengan framework Development Maritime VTC Project.

Budi Hartawan berharap KIP GmbH sebagai pemenang lelang internasional untuk pengembangan BLK Maritim di BLK Makassar dapat mendukung Kemnaker dan manajemen BLK Makassar untuk menjadikan BLK Makassar sebagai center of excellence dalam pengembangan 5 kejuruan, yaitu automotive atau marine engine, electrical, metal working, wood glass fiber working dan welding.

"Selain itu, Menaker Ida Fauziyah menaruh perhatian yang besar atas kegiatan pengembangan BLK Maritim ini dan berharap adanya kerja sama dari berbagai pihak sehingga memberikan manfaat besar dalam pengembangan SDM Indonesia," ujar Dirjen Budi.

Pemerintah Austria berkomitmen membiayai pengembangan BLK Maritim, yaitu BBPLK Medan, BBPLK Serang, dan BLK MakaPssar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close