Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kemnaker Buka Pendaftaran LPK Jadi Mitra Program JKP

Kamis, 06 Januari 2022 – 21:01 WIB
Kemnaker Buka Pendaftaran LPK Jadi Mitra Program JKP - JPNN.COM
Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Kemnaker Budi Hartawan. Foto: Humas Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) resmi membuka pendaftaran lembaga pelatihan kerja (LPK) untuk menjadi mitra pada program jaminan kehilangan pekerjaan (JKP).

Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (Binalavotas) Kemnaker Budi Hartawan mengatakan, pendaftaran tahap I dibuka pada 6 hingga 12 Januari 2022 (pada hari kerja) untuk LPK swasta (LPKS) maupun BLK UPTP.

"Persyaratan dan mekanisme pendaftaran LPK menjadi mitra program JKP ini sesuai dengan pedoman verifikasi dan asesmen lembaga dan pelatihan program jaminan kehilangan pekerjaan (JKP) masa transisi (pengembangan sistem)," kata Budi pada Kamis (6/1).

Dia menjelaskan, pelatihan kerja dalam program JKP bertujuan memberikan kompetensi atau keahlian kepada tenaga kerja yang ter-PHK dengan pendekatan re-skilling maupun up-skilling agar mereka dapat bekerja kembali.

"Oleh karena itu, peran pelatihan kerja menjadi penting dalam program JKP ini," ucapnya.

Dia menjelaskan, pelatihan kerja pada dasarnya diselenggarakan LPK, baik yang dimiliki pemerintah, perusahaan, maupun swasta, dan menjadi bagian strategis serta tidak terpisahkan untuk mencapai tujuan yang diharapkan.

Keberadaan LPK dengan segenap infrastrukturnya disebutnya menjadi parameter sukses tidaknya Program JKP ini.

"Untuk itu, setiap LPK yang akan terlibat dan menjadi mitra dalam program JKP ini harus memiliki kemampuan dalam menyelenggarakan pelatihan kerja. Kemampuan dimaksud tidak hanya yang bersifat teknis, tetapi juga administratif," ucapnya. (mrk/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

Kemnaker membuka pendaftaran tahap I pada 6 hingga 12 Januari untuk LPKS maupun BLK UPTP

Redaktur & Reporter : Tarmizi Hamdi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close