Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kemnaker - Pemkab Kukar Bersinergi Mewujudkan SDM Kompeten Bidang Pertanian

Minggu, 11 April 2021 – 20:01 WIB
Kemnaker - Pemkab Kukar Bersinergi Mewujudkan SDM Kompeten Bidang Pertanian - JPNN.COM
Dirjen Binalattas Kemnaker Budi Hartawan dan Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah usai penandatanganan nota kesepakatan, Minggu (11/4). Foto: humas Kemnaker

jpnn.com, KUTAI KARTANEGARA - Komitmen pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) dalam meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) terus dilakukan dengan menggandeng pemerintah daerah.

Hal itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepakatan antara Dirjen Binalattas Kemnaker Budi Hartawan dengan Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah tentang peningkatan kompetensi SDM bidang pertanian di daerah itu.

Menurut Budi, nota kesepakatan itu merupakan landasan kerja sama bagi para pihak dalam rangka sinergi pelatihan untuk peningkatan kompetensi kerja bagi pemuda, masyarakat desa, pencari kerja, dan pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Kukar.

"Tujuan nota kesepakatan ini untuk meningkatkan kompetensi, daya saing dan produktivitas SDM melalui penyelenggaraan pelatihan berbasis kompetensi," kata Budi Hartawan usai penandatanganan nota kesepakatan itu di kantor Bupati Kukar di Tenggarong, Kalimantan Timur, Minggu (11/4).

Budi meyakini setelah dilatih di BLK, para lulusan dapat dengan mudah untuk ditempatkan baik sebagai pekerja di industri atau sebagai wirausaha mandiri.

"Selama masa berlakunya nota kesepakatan ini yaitu lima tahun, target jumlah orang yang dilatih dan disertifikasi sebanyak 400 orang atau sebanyak 25 paket," ujarnya.

Dia berharap keberadaan BLK di Kukar mampu meningkatkan keterampilan dan kompetensi SDM di Kukar, sekaligus mendukung seluruh kebutuhan SDM yang diperlukan Ibu Kota Negara (IKN) baru.

"Setelah MoU ini mudah-mudahan bisa ditindaklanjuti bersama dengan serah terima lahan," kata Budi.

Pihak Kemnaker dan Pemkab Kutai Kertanegara teken nota kesepakatan tentang peningkatan kompetensi SDM bidang pertanian di daerah itu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close