Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kemnaker Siapkan Strategi Khusus Hadapi Revolusi Industri 4.0

Sabtu, 12 Juni 2021 – 23:05 WIB
Kemnaker Siapkan Strategi Khusus Hadapi Revolusi Industri 4.0 - JPNN.COM
Menaker Ida Ida Fauziyah. Foto: Humas Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan, pemerintah telah menyiapkan strategi khusus menghadapi revolusi industri 4.0, khususnya dalam melakukan transformasi pada sektor ketenagakerjaan.

Strategi tersebut diperlukan untuk menyiapkan tenaga kerja yang mumpuni.

"Kementerian Ketenagakerjaan (kemnaker) telah menyiapkan strategi untuk bisa berperan dan proses link and match pasar kerja," ujar Menaker Ida di Jakarta, Sabtu (11/6).

"Terlebih di industri 4.0 yang mengedepankan penggunaan teknologi dan sistem online," ucapnya menambahkan saat menjadi keynote speech pada webinar 'Kesiapan Ketenagakerjaan Indonesia Menghadapi Revolusi Industri 4.0' yang diselenggarakan oleh KAGAMA.

Ida juga menyebut, kemnaker terus melakukan kajian labour market assessment, sebagai dasar penyusunan kebijakan pelatihan vokasi, agar sesuai dengan munculnya peluang usaha dan jenis pekerjaan baru di era pandemi.

World Economic Forum (WEF) dalam laporan terbarunya memperkirakan di dunia akan ada 97 juta pekerjaan baru yang tumbuh bersamaan dengan 85 juta pekerjaan yang akan berkurang.

Untuk Indonesia sendiri, sebagaimana dilaporkan McKinsey, diprediksi akan ada 23 juta jenis pekerjaan yang terdampak oleh otomatisasi, serta akan ada puluhan juta pekerjaan baru yang muncul dalam kurun waktu tersebut.

“Dalam Revolusi Industri 4.0, penggunaan teknologi yang semakin meningkat dalam segala aspek kehidupan membuat pekerjaan menjadi sangat fleksibel baik secara waktu ataupun tempat, sehingga pekerjaan tidak lagi harus dikerjakan dari kantor dengan jam kerja yang monoton."

Menaker Ida Fauziyah mengatakan, pemerintah telah menyiapkan strategi khusus dalam menghadapi revolusi industri 4.0.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close