Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kena Asap Kebakaran, Singapura Juga Harus Sadari Kesalahan

Jumat, 21 Juni 2013 – 20:29 WIB
Kena Asap Kebakaran, Singapura Juga Harus Sadari Kesalahan - JPNN.COM
JAKARTA - Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) mengecam negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia yang terkesan menyalahkan Indonesia terkait polusi asap akibat kebakaran lahan dan hutan di Riau. Menurut Manajer Kampanye Hutan dan Perkebunan Skala Besar WALHI, Zenzi Suhadi, negara tetangga juga harus menyadari bahwa perusahaan mereka termasuk yang beroperasi di beberapa titik di wilayah Sumatera dan sekitarnya. Apalagi ada dugaan, perusahaan dari dua negara itu pelaku dari pembakaran lahan gambut dan hutan di Riau.

"Kejadian-kejadian seperti ini kan tidak lepas dari aktivitas perusahaan mereka selama ini. Termasuk aktivitas keuangan mereka untuk membiayai perusahaan Indonesia yang juga merusak lingkungan di Indonesia. Ini namanya bukan lagi bencana asap tapi kejahatan lingkungan," tegas Zenzi saat dihubungi JPNN, Jumat, (21/6).

Zenzi menyatakan, Malaysia dan Singapura harus menyerahkan data tentang nama perusahaan mereka yang beroperasi di wilayah Sumatera kepada pemerintah Indonesia, untuk ditelusuri lebih jauh. Bagi perusahaan yang tidak tertib dalam perizinan dan mengabaikan keamanan lingkungan, lanjut Zensi, harus disanksi.

"Jika mereka tidak mau meredakan asapnya, tidak masalah. Tapi mereka harus menghentikan operasi perusahaan, tertibkan, dan hentikan aktivitas keuangan untuk perusahaan mereka 9Singapura/Malaysia, red) di Indonesia yang mengelola hutan dan lahan," sambungnya.

JAKARTA - Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) mengecam negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia yang terkesan menyalahkan Indonesia terkait polusi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA