Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kenapa Jembatan Krimea Krusial bagi Invasi Rusia?

Minggu, 09 Oktober 2022 – 07:48 WIB
Kenapa Jembatan Krimea Krusial bagi Invasi Rusia? - JPNN.COM
Arsip - Jembatan Kerch yang terbakar terlihat saat matahari terbit di Selat Kerch, Krimea, 8 Oktober 2022. Foto: ANTARA/REUTERS/Stringer/as

jpnn.com, KIEV - Ledakan dahsyat merusak jembatan jalan raya dan rel kereta api Rusia ke Krimea pada Sabtu, menghantam simbol bergengsi pencaplokan semenanjung itu oleh Moskow dan jalur pasokan utama bagi pasukan invasi di Ukraina selatan.

Ledakan di jembatan yang membentang di atas Selat Kerch tersebut memicu pesan gembira dari pejabat Ukraina. Namun, Kiev sejauh ini tidak mengeklaim sebagai pihak yang bertanggung jawab atas insiden tersebut.

Presiden Vladimir Putin menandatangani dekrit yang menginstruksikan keamanan yang lebih ketat untuk jembatan serta infrastruktur yang memasok listrik dan gas alam ke semenanjung.

Dia juga memerintahkan sebuah komisi dibentuk untuk menyelidiki.

Rusia merebut Krimea dari Ukraina pada 2014. Empat tahun kemudian, jembatan sepanjang 19 km (12 mil) yang menghubungkan wilayah itu dengan jaringan transportasi Rusia resmi dibuka oleh Putin langsung.

Ini adalah arteri utama bagi pasukan Rusia yang menguasai sebagian besar wilayah Kherson Ukraina selatan, dan untuk pelabuhan angkatan laut Rusia Sevastopol

Belum jelas apakah ledakan itu adalah serangan terencana, tetapi kerusakan pada infrastruktur tingkat tinggi seperti itu jelas akan menambah beban militer Rusia yang baru-baru ini dilanda rentetan kekalahan memalukan di medan perang.

"Situasinya dapat dikelola - ini tidak menyenangkan, tetapi tidak fatal," kata Gubernur Krimea Rusia Sergei Aksyonov kepada wartawan. "Tentu saja, emosi telah dipicu, dan ada keinginan yang sehat untuk membalas dendam."

Ledakan dahsyat di Jembatan Krimea memicu kegembiraan para pejabat Ukraina. Kenapa jembatan tersebut begitu penting bagi kesuksesan invasi Rusia?

Sumber Reuters

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close