Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kepala BNPT Mengedukasi Pelajar Indonesia di Inggris Soal Pentingnya Merawat Nilai Kebangsaan

Rabu, 13 Desember 2023 – 10:20 WIB
Kepala BNPT Mengedukasi Pelajar Indonesia di Inggris Soal Pentingnya Merawat Nilai Kebangsaan - JPNN.COM
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) RI Komjen Pol. Mohammed Rycko Amelza Dahniel (kiri) saat kunjungan kerja di Inggris, Senin (4/12/2023). ANTARA/HO-BNPT RI.

jpnn.com - JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) Komjen Mohammed Rycko Amelza Dahniel mengedukasi pelajar Indonesia di Inggris tentang pentingnya merawat nilai-nilai kebangsaan.

Rycko mengatakan bahwa nilai-nilai kebangsaan wajib dirawat di tengah kondisi masyarakat Indonesia yang heterogen.

Dia juga melihat adanya fenomena nilai-nilai kebangsaan yang memudar di tengah kondisi bangsa yang sudah merdeka ini.

Oleh karena itu, kata Rycko, pentingnya pendidikan tingkat tinggi dalam merawat nilai-nilai kebangsaan.

"Kemerdekaan RI tercapai karena adanya tujuan yang sama dari berbagai kalangan masyarakat yang heterogen. Saat ini di masyarakat sudah tidak ada lagi generasi yang hidup pada masa perjuangan, sehingga nilai-nilai kebangsaan sudah mulai memudar. Untuk itu pentingnya pendidikan tingkat tinggi dalam merawat nilai-nilai kebangsaan," kata Rycko dalam keterangan tertulis, Rabu (13/12).

Dia menambahkan kehadiran BNPT di tengah para pelajar Indonesia di Inggris merupakan bagian dari program edukasi bahaya paham radikalisme dan terorisme. Terlebih lagi, lanjut dia, kelompok radikal teroris melakukan gerakan ideologi dalam ruang gelap secara sistematis, masif dan terencana.

"Namun, perlu diantisipasi di bawah permukaan kelompok ini melakukan gerakan ideologi dalam ruang gelap secara sistematis, masif dan terencana. Untuk itu, dalam menghadapi target dan ancaman terorisme, BNPT memiliki program untuk mengedukasi para pelajar seperti di Inggris ini," ungkap Komjen Rycko dalam kegiatan kunjungan kerja BNPT RI ke Inggris pada 4 Desember lalu. 

Mantan Kapolda Jawa Tengah itu mengatakan BNPT bertujuan meningkatkan kewaspadaan dini kepada para remaja. Menurutnya, paham terorisme saat ini menyasar berbagai kalangan. Dia menyebut terdapat tiga kelompok rentan yang menjadi target radikalisasi, yakni perempuan, remaja dan anak-anak.

Kepala BNPT Komjen Mohammed Rycko Amelza mengedukasi pelajar Indonesia di Inggris, tentang pentingnya merawat nilai-nilai kebangsaan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close