Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kepala BNPT: Terorisme Kejahatan Kemanusiaan, Tidak Sesuai dengan Nilai Agama

Selasa, 26 Maret 2024 – 13:10 WIB
Kepala BNPT: Terorisme Kejahatan Kemanusiaan, Tidak Sesuai dengan Nilai Agama - JPNN.COM
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Prof. Dr. H. Mohammed Rycko Amelza Dahniel di kantor MenkoPolhukam. Foto: dok BNPT

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Prof. Dr. H. Mohammed Rycko Amelza Dahniel mengatakan pihaknya terus melakukan mitigasi dalam membangun kesadaran publik bahwa kekerasan terorisme merupakan kejahatan kemanusiaan yang bertentangan dengan nilai-nilai agama dan kemanusiaan.

Hal ini disampaikan dalam menanggapi tragedi serangan teror kepada warga sipil yang terjadi di Balai Kota Crocus, Moskow, Rusia pada Senin (25/3).

"Merespons situasi keamanan pascakejadian di moskow, Russia, BNPT terus melakukan mitigasi dengan membangun kesadaran publik bahwa tindakan sebagaimana yang terjadi merupakan kejahatan kemanusiaan yang tidak sesuai dengan nilai agama dan nilai kemanusiaan," kata Rycko.

Selain membangun kesadaran publik, Rycko menegaskan BNPT terus melakukan koordinasi dengan  kementerian/lembaga untuk meningkatkan publik resilience.

Hal itu demi membangun ketahanan masyarakat sehingga upaya pencegahan dan deteksi dini ancaman terorisme bisa dimaksimalkan.

"Namun demikian BNPT tidak bekerja sendiri, karena  tugas dan fungsi BNPT adalah mengkoordinasikan kementerian/lembaga terkait dengan melakukan pendekatan soft approach hingga hard approach, yang mana dalam hal ini sangat perlu membangun kesadaran publik sehingga bersama-sama pemerintah melakukan pencegahan dan deteksi dini," jelasnya.

Kepala BNPT pun berpesan kepada masyarakat untuk terus menjaga kebhinekaan, persatuan den kesatuan serta tegas menolak segala bentuk kekerasan di Indonesia.

"Mari kita tolak kekerasan di negeri ini, kita jaga kebhinekaan, kita jaga agar ada rasa kasih sayang diantara kita semua ya, jauhkan tindakan2 kekerasan seperti itu," kata Rycko. (flo/jpnn)

BNPT terus melakukan mitigasi dalam membangun kesadaran publik bahwa kekerasan terorisme merupakan kejahatan kemanusiaan.

Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close