Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kepedulian Ganjar Untuk Difabel Sudah Terbukti, Saatnya Dilanjutkan ke Seluruh Indonesia

Sabtu, 02 September 2023 – 14:44 WIB
Kepedulian Ganjar Untuk Difabel Sudah Terbukti, Saatnya Dilanjutkan ke Seluruh Indonesia - JPNN.COM
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama kaum difabel. Dokumentasi: Humas Pemprov Jateng.

jpnn.com, SEMARANG - Puluhan penyandang disabilitas yang tergabung dalam Komunitas Sahabat Difabel Semarang menyambangi kediaman Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Sabtu (2/9).

Kehadiran mereka untuk memberikan persembahan terakhir dan salam perpisahan sebelum Ganjar purnatugas sebagai gubernur. Mereka juga menyampaikan terima kasih karena selama sepuluh tahun memimpin, Ganjar telah menciptakan inklusifitas di Jawa Tengah.

"Kami menghadiri perpisahan bersama Pak Ganjar karena selama sepuluh tahun ini kami memang bermitra dengan Pemprov Jawa Tengah. Kami terus bekerja sama dengan Pak Ganjar dan hari ini tentunya selain berterima kasih juga menyampaikan harapan-harapan kami bagaimana untuk Indonesia ke depannya," kata Noviana Dibyantari, selaku founder atau pendiri Komunitas Sahabat Difabel dan Rumah Difabel Semarang.

Noviana mengatakan selama ini Ganjar selalu memberikan kesempatan kepada teman-teman penyandang disabilitas dalam perencanaan dan penetapan kebijakan di Jawa Tengah.

Ganjar juga memberikan ruang kepada penyandang disabilitas untuk terlibat dalam musrenbang, baik tingkat desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota, hingga provinsi.

"Dalam setiap kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan penetapan kebijakan kami juga dilibatkan di sana. Sudah mulai terlihat bahwa teman-teman penyandang disabilitas itu konsepnya itu bukan charity concept tetapi sudah hak asasi manusia. Jadi, kesetaraan dan inklusifitas itu selalu didengungkan oleh Pak Ganjar di mana saja beliau menyampaikan kebijakan-kebijakannya," beber dia.

Komunitas difabel selalu kritis dan mengkritisi setiap kebijakan yang tidak berpihak kepada penyandang disabilitas. Di sisi lain, mereka selalu memberikan solusi dan mendampingi program-program Pemprov Jateng yang dipimpin oleh Ganjar.

"Kami sering mengkritisi tetapi kami juga memberikan solusi dengan upaya-upaya yang telah dilakukan oleh teman-teman Komunitas Sahabat Difabel dan Rumah Difabel dengan konsep pemberdayaan, dengan konsep penempatan kerja juga dengan konsep bagaimana kesetaraan kami diwujudkan dalam suasana yang inklusif," katanya.

Kepedulian yang ditunjukkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kepada kaum difabel sudah terbukti.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close