Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Keren, Desa ini Dapat Penghargaan Karena Taat Aturan

Bahkan Pasutri Cerai Saja Tidak Ada

Sabtu, 24 November 2018 – 18:15 WIB
Keren, Desa ini Dapat Penghargaan Karena Taat Aturan - JPNN.COM
Wakil Bupati Gresik Moh. Qosim saat menerima penghargaan dari Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, GRESIK - Desa Tirem, Kecamatan Duduksampeyan bisa menjadi contoh bagi desa-desa lainnya. Bagaimana tidak, di sana warganya benar-benar taat hukum dan aturan. Desa itu memperoleh penghargaan nasional Anubhawa Sasana dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM). Pelanggaran hukum nihil. Pasutri cerai saja tidak ada. 

Wakil Bupati Gresik Moh. Qosim menerima penghargaan itu langsung dari Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly di Malang kemarin (23/11). Prestasi itu, kata Qosim, merupakan buah sinergi semua pihak. Tokoh agama, tokoh masyarakat, serta perangkat dan warga desa. 

"Masyarakat jadi melek hukum," ujar Qosim. Bagi daerah lain, prestasi tersebut menjadi virus positif yang harus ditiru. Sekaligus motivasi. 

Apa indikator taat hukum itu? Kepala Desa Tirem Sri Wahyuni menjelaskan, tidak ada kasus kriminalitas di desanya. Selama dua tahun, nol kejadian. Sudah dua tahun terakhir. "Warga merasa aman tenteram," katanya. 

Adakah kriteria lain? Ada. Misalnya, tidak ada pernikahan usia dini. Juga, tidak ada laporan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Angka perceraian nol

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close