Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kereta Api Reguler Mulai Beroperasi Pekan Ini, Catat Tanggalnya

Selasa, 09 Juni 2020 – 15:09 WIB
Kereta Api Reguler Mulai Beroperasi Pekan Ini, Catat Tanggalnya - JPNN.COM
Calon penumpang KRL saat mengantre di luar Stasiun Lenteng Agung, Jakarta, Senin (8/6). Mereka mengantre karena ada pembatasan penumpang. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Seluruh kereta api reguler, baik itu antarkota atau JA jarak jauh maupun kereta rel listrik (KRL) secara bertahap mulai beroperasi Jumat, 12 Juni 2020.

Pengoperasian kereta luar biasa (KLB) berakhir pada 11 Juni 2020.

“Kita akan membuka KA reguler secara bertahap baik antarkota maupun perkotaan dan memenuhi protokol kesehatan,” kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Selasa (9/6).

Zulfikri menyebutkan terdapat tiga fase dalam pengoperasi kereta selama masa pandemi COVID-19, yakni Fase 1 saat dioperasikannya KLB mulai 12 Mei hingga 11 Juli.

Fase 2, KA reguler mulai beroperasi bertahap dengan pembatasan bersyarat mulai 12 Juni hingga 30 Juni 2020, dan masih memperhatikan ketentuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di masing-masing wilayah.

“Ini kita lakukan bergulir, kita lakukan evaluasi bagaimana perkembangan kondisi layanan perkeretaapian,” katanya.

Fase 3 adalah fase pemulihan dengan adanya tatanan kebiasaan baru dengan pesebaran yang lebih terkendali.

Dalam pengoperasia KA reguler secara bertahap, Zulfikri mengatakan kapasitas akan ditambah dari maksimal 50 persen menjadi 70 persen untuk KA jarak jauh.

Mulai pekan ini kereta api (KA) reguler mulai beroperasi secara bertahap, penumpang harus mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close