Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kesigapan Pertamina Padamkan Tangki Kilang Cilacap Diapresiasi BPBD

Minggu, 14 November 2021 – 17:32 WIB
Kesigapan Pertamina Padamkan Tangki Kilang Cilacap Diapresiasi BPBD - JPNN.COM
Telah terjadi kebakaran di satu tanki Pertamina yang terdapat di area Kilang Cilacap. Foto: Antara

jpnn.com, CILACAP - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap mengapresiasi kesigapan Pertamina dalam menangani kebakaran salah satu tangki di Kilang Cilacap.

Menurut Kepala Pelaksana Harian BPBD Cilacap Wijonardi, Pertamina memiliki SOP yang sangat ketat, sehingga berhasil memadamkan dan melokalisasi kebakaran dengan cepat.

“Pertamina memiliki standar internasional dengan SOP yang sangat ketat. Minggu pagi sekitar pukul 07.30, sudah tinggal sisa-sisa. Tinggal pendinginan saja. Kami sangat apresiasi terhadap kesigapan dan penanganan Pertamina yang sangat cepat,” kata Wijonardi.

Menurut Wijonardi, sebenarnya api relatif sudah bisa dipadamkan Sabtu malam, sekitar pukul 23.00 WIB.

Hanya saja, setelah itu api kembali menyala lagi, namun kembali berhasil ditangani.

“Karena prediksinya, sejak terbakar memang dibutuhkan setidaknya 14 jam untuk melakukan penyedotan minyak dari tangki BBM yang terbakar ke tangki yang lain," ucap Wijonardi.

Wijonardi menambahkan, skala kebakaran kemarin sebenarnya relatif lebih kecil dibandingkan peristiwa yang sama pada Juni lalu.

Kebakaran pada salah satu tangki kilang, lanjutnya, tak lepas dari faktor alam yang memang sangat ekstrim, yaitu La Nina.

BMKG, lanjutnya, sudah meramalkan bahwa Sabtu malam memang berpotensi hujan lebat disertai angin kencang dan petir.

Dan setelah magrib, ujar Wijonardi, hujan dengan sambaran petir memang terjadi di wilayah tersebut. Apalagi, Cilacap merupakan salah satu wilayah yang paling sering terjadi petir.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap mengapresiasi kesigapan Pertamina dalam menangani kebakaran salah satu tangki di Kilang Cilacap.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close