Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ketahui 5 Penyebab Ketombe yang Tidak Anda Duga

Jumat, 15 Maret 2019 – 04:55 WIB
Ketahui 5 Penyebab Ketombe yang Tidak Anda Duga - JPNN.COM
Ilustrasi ketombe. Foto: salamati

jpnn.com - Ketombe mungkin masalah rambut yang sering dialami sekaligus paling mengganggu, apalagi jika ingin mengenakan baju hitam. Menurut data dari National Institute of Health, hampir separuh dari orang dewasa mengalami masalah ketombe.

Kadang, ketombe bisa muncul pada orang-orang yang rajin keramas. Nyatanya, ada beberapa penyebab ketombe yang mungkin tak pernah Anda duga sebelumnya.

"Pada dasarnya, kulit terus-menerus memproduksi sel-sel kulit baru dan melepaskan sel-sel lama untuk menjaga kesehatan. Ketombe dapat terjadi ketika siklus pergantian kulit ini meningkat," jelas dr. Adeline Jaclyn dari KlikDokter.

Penyebab ketombe memang beragam. Namun, umumnya yang paling sering adalah akibat jarang keramas, atau orang-orang dengan jenis kulit kepala yang kering atau berminyak.

Penyebab ketombe yang tak terduga

Menurut dr. Adeline, kondisi rambut yang berketombe tidak selalu berkaitan dengan higien yang buruk. Siapa sangka, teknik mencuci dan menyisir rambut juga bisa menjadi faktor-faktor terlepasnya sel kulit lama di kepala?!

Tak cuma itu, berikut ini adalah beberapa penyebab ketombe yang mungkin jarang diketahui.

1. Kurang bersih saat mencuci rambut

Kadang, ketombe bisa muncul pada orang-orang yang rajin keramas. Nyatanya, ada beberapa penyebab ketombe yang mungkin tak pernah Anda duga sebelumnya.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close