Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ketahui 6 Penyebab Anda Berisiko Terkena Kolesterol Tinggi

Sabtu, 17 Agustus 2019 – 04:55 WIB
Ketahui 6 Penyebab Anda Berisiko Terkena Kolesterol Tinggi - JPNN.COM
Pasien saat dites kolesterol. Foto: Ilustrasi

jpnn.com - Kolesterol merupakan senyawa yang konsistensinya menyerupai lilin yang ditemukan dalam darah Anda. Tubuh manusia memang membutuhkan kolesterol untuk membentuk sel-sel baru. Namun demikian kadar kolesterol yang tinggi justru dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan penyakit berbahaya lainnya.

Ketika kadar kolesterol tinggi, akan terjadi endapan lapisan lemak di sepanjang pembuluh darah. Kemudian, endapan ini menumpuk, sehingga menyulitkan aliran darah yang cukup ke sepanjang aliran arteri dan organ tubuh Anda. Terkadang, endapan tersebut bisa pecah secara tiba-tiba ataupun membentuk gumpalan yang menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Jenis kolesterol
Kolesterol tinggi sebenarnya dapat diwariskan secara genetik, tetapi sering kali merupakan hasil akumulasi dari pilihan gaya hidup tidak sehat, yang membuatnya dapat dicegah dan diobati. Diet sehat, olahraga teratur, serta obat-obatan dapat membantu mengurangi kolesterol yang berlebihan.

Ada beberapa jenis kolesterol, berdasarkan apa yang dibawa oleh lipoprotein yang terkandung di dalamnya. Berikut penjelasannya:

  • Low-density lipoprotein (LDL). LDL atau yang sering disebut kolesterol jahat ini, mengangkut partikel kolesterol ke seluruh tubuh Anda. Kolesterol LDL menumpuk di dinding arteri Anda, membuatnya keras dan sempit.
  • High-density lipoprotein (HDL). HDL atau yang sering disebut kolesterol baik ini, mengambil kelebihan kolesterol dan mengangkut kembali ke hati (liver) Anda.
  • Trigliserida juga biasanya akan menjadi parameter dari profil lipid, sejenis lemak dalam darah. Memiliki kadar trigliserida yang tinggi juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Faktor penyebab kolesterol tinggi

Faktor-faktor yang dapat Anda kendalikan seperti jarang bergerak, obesitas, dan diet yang tidak sehat turut berkontribusi terhadap kolesterol tinggi dan rendahnya kolesterol HDL. Faktor-faktor di luar kendali Anda mungkin juga berperan.

Sebagai contoh, susunan genetik Anda dapat mencegah sel-sel mengeluarkan kolesterol LDL dari darah secara efisien atau menyebabkan hati Anda memproduksi terlalu banyak kolesterol. Faktor-faktor yang dapat meningkatkan keberadaan kolesterol jahat, yakni:

1. Diet yang buruk
Mengonsumsi lemak jenuh yang ditemukan dalam produk hewani, serta lemak trans, yang ditemukan di beberapa kue kering, biskuit dan popcorn dapat meningkatkan kadar kolesterol Anda. Makanan yang tinggi kolesterol – seperti daging merah (sapi, kambing dan babi) serta produk susu tinggi lemak – juga akan meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh Anda.

Ketika kadar kolesterol tinggi, akan terjadi endapan lapisan lemak di sepanjang pembuluh darah. Kemudian, endapan ini menumpuk, sehingga menyulitkan aliran darah yang cukup ke sepanjang aliran arteri dan organ tubuh Anda. Terkadang, endapan tersebut bisa

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close