Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ketahui Efek Samping Menggunakan Jeruk Nipis Untuk Kulit

Jumat, 14 Februari 2020 – 15:43 WIB
Ketahui Efek Samping Menggunakan Jeruk Nipis Untuk Kulit - JPNN.COM
Jeruk nipis. Foto: damrong rattanapong/123rf

jpnn.com - Banyak orang yang kerap menggunakan jeruk nipis untuk mengatasi jerawat dan bekasnya. Namun dari berbagai manfaat jeruk nipis yang dilaporkan lewat penelitian, belum ada yang mampu membuktikan manfaat buah ini untuk menghilangkan jerawat.

Efek samping yang saat menggunakan jeruk nipis untuk kulit

1. Alergi

Semua makanan bisa menyebabkan alergi termasuk jeruk nipis. Buah yang satu ini bisa memicu gejala alergi dan menimbulkan berbagai gejala seperti pembengkakan, gatal-gatal, dan kemerahan pada kulit.

Kondisi ini bisa saja muncul ketika Anda mengoleskan jeruk nipis ke kulit sebagai cara untuk menghilangkan jerawat atau saat meminumnya.

Untuk menghindari alergi akibat jeruk nipis, coba lakukan tes alergi terlebih dahulu. Tes ini bisa dilakukan dengan mengoleskan sari jeruk nipis ke lengan bawah. Kemudian, diamkan selama kurang lebih 24 jam dan lihat reaksinya.

Jika tidak ada reaksi negatif seperti gatal atau kemerahan pada kulit, tandanya Anda tidak alergi terhadap buah yang satu ini.

2. Phytophotodermatitis

Gejala yang muncul bisa ringan bisa juga berat saat Anda mencoba cara alami ini untuk menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis.

Sumber HelloSehat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close