Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ketahuilah, Tubuh Butuh Waktu 16 Tahun Membalikkan Kerusakan Akibat Merokok

Rabu, 06 Februari 2019 – 14:13 WIB
Ketahuilah, Tubuh Butuh Waktu 16 Tahun Membalikkan Kerusakan Akibat Merokok - JPNN.COM
Ilustrasi merokok. Foto: Hellosehat

jpnn.com - Merokok benar-benar buruk bagi Anda. Menurut Laporan Surgeon General, merokok menyebabkan satu dari setiap empat kematian akibat penyakit kardiovaskular.

Penelitian baru-baru ini menemukan bahwa hanya satu batang rokok sehari bisa secara signifikan memperpendek masa hidup Anda.

Untungnya, Anda bisa membalikkan efek merokok dengan berhenti. Namun, menurut penelitian baru yang dipresentasikan di Sesi Ilmiah Asosiasi Jantung Amerika di Chicago, mungkin butuh waktu lebih lama bagi jantung Anda untuk bangkit kembali dari yang Anda kira.

Para peneliti menganalisis sejarah merokok seumur hidup dari 8.700 partisipan Studi Jantung Framingham dan menemukan bahwa 70 persen kejadian penyakit kardiovaskular seperti stroke, serangan jantung dan dan gagal jantung pada perokok atau mantan perokok terjadi di antara mereka yang merokok sebungkus sehari selama 20 tahun.

Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa risiko penyakit kardiovaskular mereka hanya menurun 38 persen dalam lima tahun pertama setelah mereka berhenti. Tetapi berapa lama waktu yang dibutuhkan agar kesehatan jantung perokok ini kembal iseperti orang-orang yang bukan perokok? Enam belas tahun.

"Temuan ini menggarisbawahi manfaat berhenti merokok dalam waktu lima tahun, yaitu 38 persen lebih rendah risiko serangan jantung, stroke atau bentuk lain risiko penyakit kardiovaskular dibandingkan dengan orang yang terus merokok," kata mahasiswa di Vanderbilt University Medical Center di Nashville, Tennessee dan penulis studi tersebut, Meredith Duncan, Ph.D. , seperti dilansir laman MSN, Selasa (5/2).

"Kami juga menemukan bahwa risiko penyakit kardiovaskular tetap tinggi hingga 16 tahun untuk mantan perokok dibandingkan dengan orang yang tidak pernah merokok," pungkas Duncan.

Enam belas tahun mungkin tampak seperti waktu yang lama, tetapi pikirkanlah seperti ini. Sementara serangan jantung bisa terjadi pada usia berapa pun, risiko meningkat secara signifikan seiring bertambahnya usia dan usia rata-rata untuk serangan jantung pertama kali adalah usia 66 tahun untuk pria dan 70 tahun untuk wanita.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa tubuh membutuhkan waktu 16 tahun untuk membalikkan kerusakan akibat merokok.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close