Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ketersediaan Spektrum Jadi Hal Utama Membangun Jaringan 5G di Indonesia

Rabu, 09 Desember 2020 – 03:01 WIB
Ketersediaan Spektrum Jadi Hal Utama Membangun Jaringan 5G di Indonesia - JPNN.COM
ilustrasi, Logo jaringan 5G. Foto: Network World

jpnn.com, JAKARTA - Penyediaan spektrum frekuensi dinilai jadi kunci utama untuk menyiapkan dan menghadirkan teknologi 5G di Indonesia.

"Memiliki spektrum adalah salah satunya. Spektrum harus tersedia. Pemerintah, regulator, dan operator sudah meng-address ini untuk tersedia di negeri," kata Head of Ericsson Indonesia, Jerry Soper.

Menurutnya, spektrum penting karena apabila Indonesia tidak memiliki hal tersebut, maka negara tak bisa mengakses dan memanfaatkan teknologi 5G yang lebih canggih, cepat, low latency, dan seamless.

"Seluruh manfaat 5G tersebut bisa didapat dengan adanya ketersediaan spektrum serta ekosistem yang solid dari sisi teknologi, peraturan, dan mitra industri," tambah Soper.

Ia menuturkan studi potensi bisnis 5G di Indonesia menggambarkan transformasi berbasis ICT skala besar yang dihadapi oleh semua industri secara vertikal.

Ini memungkinkan pendapatan digitalisasi sebesar 44,2 miliar pada tahun 2030, di mana 39 persen nilainya dimungkinkan oleh teknologi 5G.

Dari total nilai tersebut, sebesar 47 persen atau sekitar 8,2 miliar bisa didapatkan oleh operator.

Lebih lanjut, teknologi untuk 5G sendiri sudah berangsur tersedia di banyak negara. Di Asia Tenggara sendiri, Thailand menjadi salah satu pasar (market) 5G terbesar.

Penyediaan spektrum frekuensi dinilai jadi kunci utama untuk menyiapkan dan menghadirkan teknologi 5G di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close