Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ketua DPD RI Minta Satgas Covid-19 Antisipasi Kepulangan PMI Saat Momen Idulfitri

Selasa, 27 April 2021 – 16:24 WIB
Ketua DPD RI Minta Satgas Covid-19 Antisipasi Kepulangan PMI Saat Momen Idulfitri - JPNN.COM
Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti saat meninjau pelabuhan dan berdiskusi dengan jajaran direksi PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) di tengah perjalanan kunjungan kerja ke Provinsi Lampung beberapa waktu lalu. Foto: Humas DPD RI.

jpnn.com, SURABAYA - Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti meminta kepada Satgas Penanggulangan Covid-19 mengantisipasi kepulangan pekerja migran Indonesia (PMI) dari luar negeri saat momen Idulfitri 1442 H. Sebab, momen Lebaran biasanya dimanfaatkan sejumlah pihak berkumpul bersama keluarga, tak terkecuali PMI.

"Momen Lebaran identik dengan kepulangan para pekerja migran Indonesia dari luar negeri. Kepada Satgas Covid-19, sebaiknya menyiapkan kemungkinan kepulangan mereka (PMI) agar tidak menimbulkan dampak penyebaran Covid-19," kata LaNyalla dalam keterangan resminya, Selasa (27/4).

Ketua Dewan Kehormatan Kadin Jawa Timur itu menjelaskan pintu-pintu masuk yang diperkirakan menjadi gelombang kedatangan PMI antara lain Batam, Riau, Entikong, Malinau dan juga Nunukan.

"Mereka (PMI) tidak dapat dicegah untuk pulang ke Indonesia," paparnya.

Oleh karena itu, senator Dapil Jawa Timur itu menilai yang harus dilakukan adalah menyiapkan antisipasi sedini mungkin seperti tempat isolasi setibanya mereka di Indonesia.

"Sebelum mereka kembali ke daerah asalnya masing-masing harus terlebih dahulu menjalani swab dan isolasi," kata mantan ketua umum PSSI itu.

Dengan begitu, alumnus Universitas Brawijaya Malang itu berharap setiap potensi penyebaran Covid-19 dapat dideteksi sedari awal.

"Setiap potensi penyebaran Covid-19, petugas harus dapat mengantisipasinya. Saya berharap hal ini tidak menjadi polemik bagi masyarakat yang telah dilarang mudik Lebaran. Jika hal ini terjadi, maka Satgas Covid-19 diharapkan memberikan informasi secara terbuka," papar dia.

Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mengatakan Satgas Covid-19 harus mengantisipasi kepulangan PMI ke Indonesia pada momen Idulfitri agar tidak menjadi klaster Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close