Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ketua Komisi X DPR Mendukung Langkah APPI Lanjutkan Kompetisi

Kamis, 29 Juli 2021 – 16:31 WIB
Ketua Komisi X DPR Mendukung Langkah APPI Lanjutkan Kompetisi - JPNN.COM
Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda. Foto: Amjad/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Langkah pemain yang tergabung dalam Asosiasi Pesepak Bola Profesional Indonesia (APPI) meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengizinkan kembali kompetisi sepak bola di tanah air mendapat dukungan banyak kalangan.

Pembukaan kompetisi selain menyelamatkan sumber penghasilan puluhan ribu pesepak bola juga akan menjadi hiburan bagi masyarakat di tengah masa pandemi.

“Kami mendukung langkah pemain yang mengirimkan surat terbuka kepada Presiden Joko Widodo agar kompetisi sepak bola bisa digelar kembali. Kami juga mendukung langkah PSSI dan Kemenpora yang terus berusaha menyiapkan pranata agar kompetisi bisa digelar dengan aman terutama dari sisi Kesehatan,” ujar Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda, Kamis (29/7/2021).

Huda mengatakan tuntutan para pesepak bola profesional Indonesia agar kompetisi segera digelar merupakan hal wajar. Mereka sudah 16 bulan menganggur karena pemerintah menghentikan kompetisi. Banyak di antara mereka yang harus beralih profesi karena kehilangan mata pencaharian.

“Ada pemain sepak bola profesional yang akhirnya harus jadi Satpam, menjadi pedagang kaki lima, hingga menjadi ojek online. Situasi ini sungguh memprihatinkan karena mereka juga luput dari bantuan pemerintah karena selama ini dipandang mempunyai penghasilan layak,” katanya.

Saat ini, kata Huda, mayoritas pemain profesional di Indonesia telah mendapatkan vaksin. Mereka juga sudah berulangkali melakukan simulasi penerapan protokol Kesehatan jika menjalani kompetisi. Bahkan di sejumlah klub telah dibentuk Satgas Covid-19 yang mengawasi kehidupan sehari-hari pemain agar aman dari ancaman virus saat berlatih dan beristirahat di mess pemain.

“Kami yakin dari sisi pemain relatif aman dari dampak buruk Covid-19. Selain itu klub juga sudah diberikan panduan bagaimana harus menerapak protokol Kesehatan di lingkungan stadion maupun mess pemain,” katanya.

Politikus PKB ini mengaku banyak mendapatkan keluhan dari pemain maupun pengurus klub terkait ketidakjelaskan pelaksanaan kompetisi sepak bola di tanah air. Padahal mayoritas klub sudah melakukan kontrak dengan pemain maupun pelatih untuk persiapan Kompetisi Liga tahun 2021.

Syaiful Huda mengatakan tuntutan para pesepak bola profesional Indonesia agar kompetisi segera digelar merupakan hal wajar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close