Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ketua Komisi X DPR Tanggapi Fenomena Pelajar Sakiti Diri Sendiri, Simak

Selasa, 24 Oktober 2023 – 08:17 WIB
Ketua Komisi X DPR Tanggapi Fenomena Pelajar Sakiti Diri Sendiri, Simak - JPNN.COM
Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda. Foto: Dok. JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Maraknya pelajar dan mahasiswa menyakiti diri sendiri hingga memicu bunuh diri memicu keprihatinan banyak kalangan.

Pemerintah pun diminta memberikan perhatian serius terhadap fenomena ancaman kesehatan mental (mental health) di kalangan peserta didik.

“Munculnya fenomena puluhan siswa yang menyakiti diri sendiri di SMP Ngariboyo Magetan dan tren bunuh diri di kalangan mahasiswa yang terus terjadi harus menjadi perhatian serius pemerintah. Tentu kami tidak ingin fenomena ini terus berlanjut sehingga menjadi tren di kalangan peserta didik,” ujar Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda, Selasa (24/10/2023).

Huda mengatakan kasus menyakiti diri sendiri di kalangan pelajar bukan hal baru. Sebelum ditemukan kasus adanya 76 siswa mayoritas perempuan SMP 1 Ngariboyo Magetan, Jawa Timur, fenomena serupa juga terjadi di Bengkulu Utara pada Maret 2023 di mana ada sekitar 52 pelajar yang menyayat lengan mereka dengan berbagai benda tajam.

“Kejadian menyakiti diri sendiri ini seolah terus berulang, maka harus dicari pemicunya sehingga bisa dirumuskan langkah penanggulangannya,” ujarnya.

Dia mengungkapkan berdasarkan keterangan pihak terkait pemicu pelajar menyakiti diri sendiri beragam. Mulai dari persoalan depresi, mencari jati diri, hingga meniru dari media sosial.

“Berdasarkan keterangan Dinas Kesehatan Magetan pemicu melukai diri sendiri pelajar SMP Ngariboyo mayoritas karena depresi persoalan percintaan dan persoalan keluarga. Sedangkan di Bengkulu Utara akibat dimarahin orang tua, meniru konten tiktok, hingga biar diakui teman sebaya,” ujarnya.

Di level perguruan tinggi, lanjut masalah kesehatan mental juga menjadi ancaman nyata. Pada awal bulan ini saja ada dua kasus bunuh diri mahasiswa yang mencuat di media. Satu terjadi di perguruan tinggi di Semarang, Jawa Tengah. Satu lagi terjadi di kampus di Yogyakarta.

Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda menanggap fenomena puluhan siswa yang menyakiti diri sendiri di SMP Ngariboyo Magetan dan tren bunuh diri di kalangan mahasiswa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close