Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ketua MPR Apresiasi Komitmen Presiden Jokowi Subsidi Kendaraan Listrik di Indonesia

Jumat, 18 Agustus 2023 – 23:42 WIB
Ketua MPR Apresiasi Komitmen Presiden Jokowi Subsidi Kendaraan Listrik di Indonesia - JPNN.COM
Presiden Jokowi bersama Ketua MPR Bambang Soesatyo menghadiri peringatan Hari Konstitusi dan HUT ke-78 MPR di Gedung Nusantara IV, Komplek Parlemen, Jumat (18/8). Foto: Dokumentasi Humas Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR Bambang Soesatyo alias Bamsoet mengapresiasi dan mendukung langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan subsidi terhadap kendaraan listrik.

Saat menghadiri peringatan Hari Konstitusi dan HUT ke-78 MPR, Jokowi menyampaikan pemerintah telah memberikan subsidi sekitar Rp 70 juta untuk mobil listrik.

Nilai tersebut sedikit lebih besar dibanding negara tetangga, misalnya Thailand yang memberikan subsidi sekitar Rp 68 juta.

"Indonesia harus memberikan subsidi lebih besar dari negara lain untuk menjadi daya tarik sehingga produsen kendaraan listrik dari berbagai negara tertarik berinvestasi memproduksi kendaraan listriknya di Indonesia," kata Bamsoet dalam sambutan peringatan Hari Konstitusi dan HUT ke-78 MPR di Gedung Nusantara IV, Komplek Parlemen, Jumat (18/8).

Bamsoet yang juga menjabat Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) mengatakan subsidi Rp 70 juta yang diberikan pemerintah tersebut, berupa insentif PPN (Pajak Pertambahan Nilai) yang sudah berlaku sejak 1 April 2023.

"Dengan demikian masyarakat yang mau membeli mobil listrik hanya perlu menanggung PPN sebesar satu persen, sedangkan sepuluh persen sisanya dibayarkan pemerintah," ujar Bamsoet.

Lebih lanjut Bamsoet menyampaikan untuk mendapatkan insentif PPN tersebut, mobil listrik harus memiliki tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) minimal 40 persen, sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 38 Tahun 2023.

Selain menarik minat masyarakat untuk beralih ke kendaraan listrik karena harganya semakin terjangkau, sekaligus juga menarik industri untuk berinvestasi memproduksi kendaraan listrik di Indonesia.

Ketua MPR Bambang Soesatyo alias Bamsoet mendukung langkah Presiden Jokowi terkait subsidi kendaraan listrik di Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close