Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ketua MPR Apresiasi Transformasi dan Inovasi Pembangunan Jangka Panjang Tiongkok

Kamis, 13 Juni 2024 – 03:22 WIB
Ketua MPR Apresiasi Transformasi dan Inovasi Pembangunan Jangka Panjang Tiongkok - JPNN.COM
Ketua MPR Bambang Soesatyo saat diwawancarai jurnalis dari Kantor Berita Tiongkok Xinhua di Jakarta, Selasa (11/6). Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR Bambang Soesatyo yang akrab disapa Bamsoet mengapresiasi transformasi dan inovasi Tiongkok yang fantastik.

Menurut Bamsoet, tidak mudah mengelola negara sebesar Tiongkok dengan wilayah terluas ketiga di dunia sekitar 9,69 juta kilometer dan jumlah penduduk terbesar kedua di dunia dengan lebih 1,4 miliar jiwa.

Dari semula negara berkategori miskin hingga tumbuh sebagai negara super power, bahkan saat ini dianggap sebagai pesaing kuat hegemoni Amerika Serikat, hanya dalam kurun waktu kurang dari seratus tahun.

"Tiongkok yang dahulu dikenal dengan negara yang miskin dan kelaparan, mampu berubah menjadi negara maju yang spektakuler," kata Bamsoet dalam wawancara dengan Kantor Berita Tiongkok Xinhua di Jakarta, Selasa (11/6).

Karena itu, lanjut Bamsoet, tidak heran jika di 2021 lalu saja, gross domestic product (GDP) atau produk domestik bruto Tiongkok tercatat mencapai USD 17,7 triliun, GDP per kapita mencapai USD 12,551, pertumbuhan ekonomi mencapai 8,1 persen dengan cadangan devisa mencapai USD 3,25 triliun.

Ketua ke-20 DPR itu menilai salah satu kunci keberhasilan Tiongkok karena memiliki rencana pembangunan jangka panjang, bahkan hingga tahun 2050, yakni pada saat usia kemerdekaan Tiongkok memasuki usia ke-100 tahun.

Selain itu, Tiongkok juga ditunjang sistem politik dan pemerintahan yang kuat.

"Dua hal inilah yang tidak dimiliki Indonesia pada saat ini. Tidak heran walaupun usia kemerdekaan Indonesia dengan Tiongkok tidak berbeda jauh, bahkan kita lebih dahulu merdeka pada tahun 1945, namun kondisi kemajuan ekonomi, sosial, dan politik, Indonesia tertinggal jauh dibandingkan Tiongkok," ujar Bamsoet.

Indonesia bisa belajar banyak dari Tiongkok, khususnya dalam membuat perencanaan pembangunan jangka panjang serta sistem politik dan pemerintahan yang kuat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close