Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ketua MPR Minta Indonesia Tingkatkan Daya Saing Menyikapi Suksesi Kepemimpinan AS

Kamis, 03 Desember 2020 – 12:35 WIB
Ketua MPR Minta Indonesia Tingkatkan Daya Saing Menyikapi Suksesi Kepemimpinan AS - JPNN.COM
Ketua MPR Bambang Soesatyo. Foto: Humas MPR.

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet)  mengungkapkan bahwa suksesi kepemimpinan Amerika Serikat (AS) yang telah mengantarkan Joseph Robinette Biden Jr atau Joe Biden sebagai presiden terpilih AS, adalah isu global yang penting untuk direspons secara cermat, akurat, dan terukur. 

Menurut dia, hal tersebut sangat penting dilakukan mengingat kebijakan-kebijakan yang diputuskan pemerintahan Joe Biden, akan sangat berpengaruh dalam membentuk konstelasi geopolitik dan geoekonomi global termasuk Indonesia.

Terpilihnya Biden tentunya juga diharapkan dunia akan berimplikasi pada pergeseran atau review dan koreksi terhadap kebijakan pemerintahan AS sebelumnya, terutama yang kontroversial oleh Donald Trump.

Bagi Indonesia sendiri, kata Bamsoet, hadirnya 'Biden Effect' diharapkan tidak hanya memberikan dampak instan atau sesaat, tetapi juga mendorong lahirnya kebijakan yang akan memberi nilai kemanfaatan tidak hanya bermanfaat pada tatanan kehidupan global tapi juga bagi kepentingan nasional. 

Salah satunya soal isu yang ramai sekarang ini yakni isu Natuna.


"Dalam isu tersebut, meskipun Biden nanti akan mengambil kebijakan  yang lebih lunak terkait perang dagang dengan Tiongkok, tapi persaingan kedua negara tersebut tetap akan berlangsung. Menyikapi ini, Indonesia harus lebih cerdik dengan mengambil peluang dan manfaat. Namun, tetap berhati-hati dalam mengambil kebijakan," katanya.

Bamsoet menyampaikan itu dalam Focus Group Discussion (FGD) bertema 'Politik Luar Negeri Bebas Aktif dan Kepentingan Ekonomi NKRI di Era Joe Biden' kerja sama MPR dengan Brain Society Center (BS Center), di Ruang Delegasi, Gedung Nusantara IV, Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (2/12). 

Hadir sebagai narasumber utama yakni pakar hukum internasional Prof. Hikmahanto Juwana, Duta Besar RI untuk PBB periode 2004-2007 Prof. Dr. Makarim Wibisono dan Direktur Paramadina Graduate School of Diplomacy Dr. Phil Shiska Prabawaningtyas.

Bagi Indonesia, hadirnya 'Biden Effect' diharapkan tidak hanya memberikan dampak instan tetapi juga mendorong lahirnya kebijakan yang akan memberi nilai kemanfaatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close