Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ketua MPR: Pengembangan Pariwisata Danau Toba harus Berpihak Kepada UMKM

Kamis, 01 April 2021 – 18:31 WIB
Ketua MPR: Pengembangan Pariwisata Danau Toba harus Berpihak Kepada UMKM - JPNN.COM
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Foto: Humas MPR RI.

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengatakan untuk mewujudkan percepatan pembangunan pariwisata Danau Toba, tidak boleh hanya terpaku pada metode dan cara konvensional.

Menurutnya, butuh kreasi dan inovasi, selain juga perlu dibangun kesadaran kolektif dukungan masyarakat dari berbagai daerah.

Sebab, Danau Toba bukan hanya milik masyarakat Sumatera Utara, melainkan bangsa Indonesia. 

Sebagai manifestasi dari konsep negara kesatuan, setiap daerah harus saling menopang satu sama lain dalam berbagai aspek, termasuk pengembangan pariwisata.

"Kerja sama konstruktif sebagai wujud gotong royong antar masyarakat daerah akan menjadi pondasi yang memperkukuh ikatan kebangsaan, khususnya dalam membangun optimisme di tengah suasana keprihatinan akibat pandemi Covid-19," ujar Bamsoet dalam Pelantikan DPW Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT) Provinsi DKI Jakarta 2021-2026 secara virtual dari ruang kerja ketua MPR RI, Jakarta, Kamis (1/4). 

Turut hadir antara lain, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, Ketua Umum DPP KMDT Edison Manurung, Ketua Dewan Pakar DPW KMDT Provinsi Sumatera Utara Binari Manurung, dan Ketua DPW KMDT Provinsi DKI Jakarta Hasudungan Sihombing. 

Ketua ke-20 DPR RI ini memaparkan, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada periode November 2020, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Sumatera Utara mengalami penurunan drastis dibandingkan periode yang sama 2019.

Dari 22.128 kunjungan turun menjadi 1.366, turun 93,83 persen. Pada periode bulan yang sama, tingkat hunian kamar hotel berbintang juga hanya terisi sekitar 34,41 persen. 

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengatakan pengembangan pariwisata di kawasan Danau Toba memang tidak dapat dilepaskan dari keberpihakan terhadap UMKM

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close