Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ketua MPR Tegaskan Bangsa Indonesia Terus Mendukung Kemerdekaan Palestina

Senin, 01 April 2024 – 21:52 WIB
Ketua MPR Tegaskan Bangsa Indonesia Terus Mendukung Kemerdekaan Palestina - JPNN.COM
Ketua MPR Bambang Soesatyo menegaskan bangsa Indonesia terus mendukung kemerdekaan Palestina. Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR Bambang Soesatyo menegaskan bangsa Indonesia terus mendukung kemerdekaan Palestina.

Hal ini seperti disampaikan Presiden pertama RI Soekarno pada 1962 yang menegaskan selama bangsa Palestina belum merdeka, sepanjang itulah bangsa Indonesia berdiri menentang penjajah Israel.

Penegasan ini disampaikan Bamsoet yang akrab disapa saat menerima kunjungan para Imam Palestina di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (1/4).

"Itulah sikap kami dahulu dan akan tetap menjadi sikap kami sekarang, dan di masa mendatang," kata Bamsoet.

Bamsoet menegaskan bangsa Indonesia akan senantiasa tegak lurus pada amanat UUD 1945 yang menyebutkan penjajahan di atas dunia, apa pun bentuk dan manifestasinya harus dihapuskan dari muka bumi.

"Karena melukai nilai-nilai kemanusiaan dan nilai-nilai keadilan universal," terangnya.

Dukungan terhadap kemerdekaan Palestina pun disuarakan MPR saat menyelenggarakan Konferensi Internasional Forum MPR/Majelis Syuro/lembaga sejenis lainnya pada Oktober 2022 di Bandung.

Salah satu butir 'Deklarasi Bandung' menyatakan masalah Palestina tetap menjadi isu sentral forum dan umat Islam hingga tercapainya kemerdekaan dan hak penentuan nasib sendiri untuk rakyat Palestina, serta berdirinya Negara Palestina merdeka, dengan Yerusalem sebagai ibukotanya sesuai kerangka hukum internasional.

Simak penegasan Ketua MPR Bambang Soesatyo di hadapan para imam Palestina yang berkunjung ke Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close