Ketum IGI Minta PPG Prajabatan Mandiri Dibuka untuk Umum

Kamis, 10 Oktober 2019 – 06:58 WIB
Ketum IGI Minta PPG Prajabatan Mandiri Dibuka untuk Umum - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Ketum Ikatan Guru Indonesia (IGI) M Ramli Rahim meminta program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Mandiri untuk mendapatkan sertifikasi guru dibuka untuk umum.

PPG jangan hanya dikhususkan untuk sarjana pendidikan. Sarjana umum harus diberikan kesempatan yang sama untuk ikut PPG Prajabatan Mandiri.

"PPG tujuannya untuk meningkatkan kualitas guru. Namun, yang kami nilai PPG belum mampu mendongkrak mutu guru, makanya sistemnya harus diubah," kata Ramli kepada JPNN.com, Kamis (10/10).

Menurut Ramli, jika PPG dilaksanakan seperti Pendidikan Profesi Dokter, akan bagus hasilnya. Namun, kalau seadanya, pasti tak ada gunanya.

Itu sebabnya, kata dia, PPG sebaiknya dibuka untuk umum, sarjana apa saja. Bukan cuma sarjana kependidikan biar ditemukan yang terbaik terutama untuk kebutuhan tenaga pendidik SMK.

IGI menemukan alumni sains murni jadi guru lebih baik daripada sains pendidikan.

"Pelaksanaan PPG mestinya dibatasi hanya untuk perguruan tinggi tertentu yang betul-betul bisa memenuhi standar tinggi. Jangan lagi bikin NU ngambek karena yang ditunjuk perguruan tinggi Muhammadiyah semua," tandasnya. (esy/jpnn)

loading...