Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Khan Libatkan Drag Queen biar Luwes

Senin, 15 April 2019 – 23:34 WIB
Khan Libatkan Drag Queen biar Luwes - JPNN.COM
Garin Nugroho dalam forum diskusi. FOTO : jpnn

jpnn.com - Setelah berkeliling dunia lewat beragam festival film luar negeri, film Kucumbu Tubuh Indahku akhirnya pulang kampung. Film karya Garin Nugroho itu akan tayang serentak di bioskop Indonesia mulai 18 April.

Film yang meraih penghargaan Best Film di ajang Festival Des 3 Continents di Prancis tersebut berkisah tentang Juno (Muhammad Khan). Pemuda desa itu memilih menjalani hidup sebagai penari lengger. Sebuah tarian perempuan yang dibawakan laki-laki.

Pria 28 tahun itu mengungkapkan, Kucumbu Tubuh Indahku adalah film pertamanya. Alumnus Jurusan Teater Institut Seni Indonesia (ISI) Jogjakarta tersebut lolos casting. ''Awalnya pesimistis karena yang ikut casting bisa nari dan usianya lebih mendekati karakter Juno remaja,'' cerita Khan saat berkunjung ke redaksi Jawa Pos di Kebayoran Lama, Jakarta, Selasa (9/4).

Menjadi Juno remaja, dia harus melakukan penyesuaian. ''Saya sampai nggak nge-gym dan diet dua minggu sampai otot dan lemak saya hilang,'' ungkap pria asal Jepara tersebut.

Untuk mengasah kemampuan tarinya, Khan berguru kepada Rianto. Dialah pemeran Juno dewasa yang kisah hidupnya menjadi inspirasi cerita Kucumbu Tubuh Indahku. Bersama Rianto, Khan belajar tari lengger selama sebulan sampai sangat gemulai.

Rupanya, gemulai saja tidak cukup. Khan harus menumbuhkan rasa bahwa dirinya adalah perempuan agar aktingnya sebagai penari lengger lebih feminin dan alami. Dia berguru kepada drag queen. Kebetulan, temannya tersebut adalah penampil pria yang berkostum perempuan saat manggung.

Bagi Khan, beragam cara itu belum cukup. ''Saya nyoba pakai baju perempuan kalau lagi berada di kamar,'' ujarnya, lantas tertawa. Cara jalan pun dilatih agar dia luwes layaknya perempuan.

Hasilnya, Khan mampu memerankan Juno remaja. Tengok saja di trailer. Khan gemulai ketika menari dan ayu saat berdandan. ''Setelah ini, lebih semangat main film lagi,'' katanya. (len/c14/nda)

Film Kucumbu Tubuh Indahku akhirnya pulang kampung. Film karya Garin Nugroho itu akan tayang serentak di bioskop Indonesia mulai 18 April

Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close